Kurikulum Merdeka PAUD Diterapkan Serentak

by -
DENGARKAN - Peserta mendengarkan materi dari narasumber.

KOTA – Penerapan kurikulum merdeka jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD), tahun 2022 ditargetkan dapat diterapkan secara serentak oleh 165 lembaga PAUD formal dan nonformal. Guna mewujudkan target ini, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pendidikan menggelar workshop implementasi kurikulum merdeka bagi pendidik PAUD di Kota Pekalongan, bertempat di ruang Amarta kantor Sekretariat Daerah, Sabtu (23/7/2022).

Kepala Dinas Pendidikan, Zainul Hakim melalui kepala bidang PAUD dan PNF, Sherly Imanda Hidayah menyebutkan sebanyak 165 lembaga pendidikan anak usia dini formal dan nonformal yang memiliki anak didik usia 5-6 tahun mengikuti kegiatan workshop implementasi kurikulum merdeka di Kota Pekalongan yang ditargetkan dapat dilaksanakan serentak di tahun ini.

Seluruh peserta yang terdiri dari pendidik diberikan materi pengenalan terkait perubahan kurikulum 2013 menuju kurikulum merdeka dan bagaimana penyusunannya yang disampaikan oleh praktisi PAUD sekaligus pengelolaan lembaga PAUD, SD, dan SMP di Purworejo, Sisilia Maryati.

“Untuk kegiatan hari ini 165 baik non formal dan formal yang mempunyai anak usia 5 sampai 6 tahun kita berikan pemahaman mengenai kurikulum merdeka, kita adakan selama dua hari, hari pertama kita awali dengan memberikan materi terkait perubahan kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka belajar dan dilanjutkan bagaimana penyusunan kurikulumnya,” kata Sherly.

Ia berharap, usai workshop pendidik PAUD dapat menerapkan ilmu yg sudah diperoleh agar mampu memberikan stimulasi secara baik dan benar melalui pendekatan proyek, sehingga pada hasil akhirnya terwujud anak-anak Kota Pekalongan yang lebih kreatif dan kritis untuk menyelesaikan masalah.