Simak Ini, 12 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula

by -
Ilustrasi kopi. Foto: Pixabay

Kopi merupakan salah satu minuman yang amat digemari oleh masyarakat, bahkan banyak orang suka minum kopi setelah bangun tidur untuk menghilangkan rasa kantuk.

Kopi adalah minuman yang beragam, paling sering dinikmati dicampur dengan gula, susu atau alternatif susu (susu oat atau almond).

Namun, mayoritas manfaatnya paling terkonsentrasi saat kita mengonsumsinya berwarna hitam.

Kopi hitam hanyalah kopi yang dicampur dengan air mendidih, tanpa tambahan perasa, gula atau mixer.

Dicirikan oleh rasa pahit dan aromanya yang kuat, kopi hitam bermanfaat bagi kita dengan cara yang seringkali tidak terduga. Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Origympersonaltrainercourses. https://origympersonaltrainercourses.co.uk/blog/black-coffee-benefits.

1. Meningkatkan Energi
Salah satu manfaat kesehatan yang paling sering dibahas dari kopi hitam adalah energi yang diberikannya kepada kita, dan bagaimana hal itu bisa membantu tugas sehari-hari.

Dalam kopi, bahan aktif utama adalah kafein. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan kafein, yang sering ditemukan pada produk lain yang dirancang untuk meningkatkan tingkat energi, seperti minuman olahraga dan cola.

Kafein bekerja dengan memblokir neurotransmitter di otak kita yang disebut adenosin, yang membuat kita merasa lelah atau lesu seiring berjalannya hari.

Ini juga memungkinkan otak kita untuk melepaskan lebih banyak bahan kimia yang kita kaitkan dengan tingkat energi yang baik, seperti dopamin.

Dalam kopi hitam, kadar kafein ini terkonsentrasi, dan karena kurangnya bahan lain, kafein bisa memasuki aliran darah lebih cepat daripada yang seharusnya.

Oleh karena itu, membuat pemblokiran adenosin lebih cepat, dan pelepasan dopamin selanjutnya. Penyerapan cepat inilah yang menjadikan salah satu manfaat kesehatan utama dari minum kopi hitam.

2. Meningkatkan Performa Anda
Salah satu manfaat kesehatan utama dari kopi hitam adalah tingkat energi tambahan yang diberikannya kepada kita melalui kandungan kafeinnya yang tinggi.

Hal ini tidak hanya memberikan energi tambahan itu, tetapi juga bisa sangat bermanfaat dalam hal kinerja atletik dan olahraga, bahkan mengungguli beberapa minuman energi alami terbaik.

Tingkat energi tambahan dari kafein ini juga memberikan dorongan signifikan pada tingkat kinerja fisik Anda, terutama selama aktivitas intens.

Faktanya, sebuah penelitian baru-baru ini mengungkap bahwa kafein (dan khususnya kafein kerja cepat yang ditemukan dalam kopi hitam) memiliki efek dramatis pada daya tahan dan kinerja tingkat tinggi yang berkelanjutan.

Ketersediaan cepat kafein yang disediakan kopi hitam bisa dibilang salah satu manfaat kesehatan terbesar dari minum kopi hitam, terutama sebelum aktivitas apa pun di mana Anda harus berkonsentrasi penuh, dan menggunakan energi sebanyak yang Anda bisa.

3. Membakar Lemak
Mungkin salah satu manfaat kopi hitam yang paling mengejutkan untuk menurunkan berat badan adalah kemampuannya untuk secara aktif membantu membakar lemak, serta menyediakan energi untuk melanjutkan rutinitas olahraga Anda.

Selain kandungan energinya, kafein dalam kopi hitam bermanfaat bagi kita dengan secara aktif mempercepat metabolisme, membakar lemak pada tingkat yang jauh lebih cepat daripada yang seharusnya.

Faktanya, dalam banyak suplemen diet, kafein bertindak sebagai katalis utama untuk mempercepat hasil penurunan berat badan. Kafein, pada kenyataannya, adalah salah satu cara alami terbaik untuk membakar lemak.

Baik itu dikonsumsi sebagai bagian dari manfaat kopi hitam untuk menurunkan berat badan, atau melalui sumber lain seperti suplemen pra-latihan, kafein memainkan peran penting dalam meningkatkan metabolisme, dan membakar lemak.

Minum secangkir kopi hitam setiap pagi bisa membantu mempercepat metabolisme dan pembakaran lemak Anda, yang bisa dibilang salah satu manfaat kesehatan terbesar dari minum kopi hitam, terutama menjelang hari yang sibuk.

4. Membantu Mengatur Mood
Kita semua memiliki hari-hari di mana suasana hati menurun, dan kita tidak ramah seperti biasanya.

Salah satu manfaat kesehatan mental yang lebih halus dari kopi hitam adalah bisa membantu meningkatkan mood Anda, dan bahkan memerangi tanda-tanda depresi.

Seperti yang telah kita ketahui, salah satu manfaat utama kopi hitam adalah mengandung dosis yang sehat dari kafein, yang berarti bahwa tubuh bisa menyerapnya dengan cepat, dan segera menggunakannya.

Kafein ini telah lama dikaitkan dengan peningkatan mood, dan melawan tanda-tanda gangguan mood yang lebih parah, seperti depresi.

5. Membantu Meningkatkan Konsentrasi
Ketika Anda memiliki hari yang panjang atau latihan yang sulit di depan kamu, mungkin sulit untuk mempertahankan fokus Anda.

Kafein, terutama bila dikonsumsi bersamaan dengan manfaat lain dari kopi hitam membantu fokus pada tugas-tugas sederhana (seperti mengetik email), dan hal-hal yang lebih kompleks (seperti mengemudikan mobil).

Ini juga bisa meningkatkan fokus Anda pada olahraga yang sulit juga.

Peningkatan fokus dan dorongan energi yang besar ini bisa dibilang dua manfaat kesehatan terpenting dari kopi hitam, dan seringkali bisa digabungkan untuk memastikan Anda bekerja sebaik mungkin sepanjang hari.

6. Mengurangi Risiko Kanker Hati
Diperkirakan setidaknya satu dari tiga dari kita akan terkena kanker secara langsung dalam hidup kita.

Sebaiknya gunakan kopi hitam untuk menguranginya, karena salah satu manfaat kopi hitam terbesar adalah bisa mengurangi risiko terkena jenis kanker tertentu.

Terutama, kopi hitam secara signifikan akan mengurangi risiko terkena kanker hati.

Penelitian lebih lanjut telah menemukan hubungan potensial antara konsumsi kopi hitam dan pengurangan risiko kanker endometrium, meskipun ada bukti yang tidak meyakinkan untuk dianggap faktual.

7. Kaya Antioksidan
Anda mungkin sudah mengetahui antioksidan dan manfaatnya, tetapi salah satu manfaat kesehatan kopi hitam yang lebih mengejutkan adalah merupakan salah satu makanan antioksidan terbaik.

Antioksidan adalah molekul yang kita terima dari makanan yang menghambat “radikal bebas” berbahaya (sel yang diproduksi secara alami di dalam tubuh yang menyebabkan kerusakan parah), dan memastikan bahwa mereka bermanfaat bagi tubuh, bukan menyebabkan kerusakan. Ini sangat penting bagi tubuh.

Salah satu manfaat utama kopi hitam adalah menyediakan cara cepat dan mudah untuk meningkatkan tingkat antioksidan Anda.

Ini akan menjadi luar biasa bahkan dengan sendirinya, tetapi mengingat berbagai manfaat kopi hitam yang menyertainya, Anda juga akan mendapatkan berbagai macam keuntungan serta peningkatan kadar antioksidan kamu.

8. Mengurangi Risiko Diabetes
Diabetes seringkali bisa menjadi bagian kehidupan sehari-hari yang membuat frustrasi dan bahkan berbahaya bagi mereka yang menderitanya.

Namun, salah satu manfaat kesehatan utama dari kopi hitam adalah membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Ketika mengonsumsi kopi hitam, itu menurunkan sensitivitas terhadap insulin, dan oleh karena itu, berarti Anda bisa mengatur kadar gula darah dengan lebih efektif. Pada penderita diabetes, ini tidak ada.

Penderita diabetes tidak bisa mengontrol kadar gula darah mereka dengan baik, yang mengakibatkan berbagai komplikasi dan risiko.

Menurut penelitian terbaru, peminum kopi hitam memiliki risiko yang jauh lebih rendah terkena diabetes sebagai akibat langsung dari senyawa yang ditemukan dalam kopi.

Ini berpotensi menjadi salah satu manfaat kesehatan dari kopi hitam.

Karena secara signifikan bisa memengaruhi peluang Anda menderita penyakit yang mengubah hidup seperti diabetes.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan
Sementara kita telah berbicara tentang bagaimana bahan aktif kopi membakar lemak dan meningkatkan metabolisme, kopi hitam sebenarnya bisa membantu menurunkan berat badan dengan cara yang lebih halus.

10.Meminimalkan Risiko Penyakit ParkinsonPenyakit Parkinson adalah suatu kondisi yang sering ditandai dengan gemetar, dan disebabkan oleh kerusakan bertahap dan hilangnya sel-sel di bagian tertentu dari otak.

Salah satu manfaat yang lebih sederhana dari minum kopi hitam adalah bisa mengurangi risiko Anda terkena penyakit Parkinson.

Senyawa aktif dalam kopi memberikan perlindungan terhadap parkinson, meskipun akar penyebab penyakit ini masih belum pasti.

Kopi, dan khususnya kopi hitam memberikan perlindungan terhadap penyakit, bahkan dengan minum hanya satu cangkir per hari.

Ilmu pengetahuan juga mendukung hal ini, menemukan bahwa peserta dalam studi komprehensif memiliki peluang yang jauh lebih rendah untuk mengembangkan penyakit Parkinson, bahkan ketika mereka memiliki riwayat keluarga dengan kondisi tersebut.

11. Mengurangi Risiko Masalah Kardiovaskular
Berikutnya dalam daftar manfaat kesehatan dari minum kopi hitam adalah hubungannya dengan penurunan risiko komplikasi kardiovaskular, seperti stroke dan gagal jantung.

Jantung bisa dibilang salah satu organ terpenting kita di samping otak dan paru-paru.

Sementara kita bisa menemukan banyak makanan yang baik untuk kesehatan paru-paru, dan meluangkan waktu untuk bersantai dan menghilangkan stres untuk meredakan ketegangan dan sakit kepala, sangat penting bagi kita untuk menjaga jantung juga.

Di situlah minum kopi hitam bermanfaat bagi kita dengan cara lain yang tidak terlihat, tetapi sangat penting.

Mengonsumsi kopi hitam secara teratur telah terbukti mengurangi kemungkinan stroke, gagal jantung, dan berbagai masalah kardiovaskular lainnya. (jpnn)