Waspadai Gerakan Islam Radikal

by -
BERDAKWAH - Bang Haji Roma Irama saat berdakwah dalam Ngaji Bareng MDS Rijalul Ansor Kabupaten Pekalongan.

KARANGDADAP – Musisi ternama sekaligus pendakwah, H Rhoma Irama meminta agar generasi muda waspada terhadap ajaran Islam radikal yang berpotensi merusak ukhuwah islamiyah.

“Sebab mereka ini pandai sekali dalam memperdayai generasi muda yang jauh dari agama, hanya dengan kalimat-kalimat pendek saja. Misalnya, untuk apa melakukan sesuatu yang tidak pernah dilakukan oleh Nabi saw, jangan pernah melakukan apa yang tidak dilakukan oleh nabi karena itu bid’ah, sesingkat itu,” ungkap raja dangdut Rhoma Irama ketika mengisi kegiatan Ngaji Bareng Majelis Dzikir dan Sholawat (MDS) Rijalul Ansor Kabupaten Pekalongan, di Kecamatan Karangdadap.

Menurut pria yang akrab disapa Bang Haji, sebenarnya tidak ada hadits seperti itu. Tidak pernah nabi mengatakan, ‘Jangan lakukan apa yang tidak aku lakukan’, tidak ada hadits seperti itu. Karena pada dasarnya yang nabi katakan adalah, ‘Barang siapa merubah-rubah yang aku ajarkan, maka dia tertolak’ bukan jangan melakukan apa yang tidak Nabi saw lakukan.

“Ada yang namanya bid’ah hasanah yaitu sesuatu yang baru namun baik. Sesuatu yang tidak pernah dilakukan oleh Nabi saw namun nabi tidak melarangnya. Seperti bacaan iftitah di dalam shalat. Nabi tidak pernah melarang para sahabat yang mempraktikkan itu bahkan memberi lampu hijau untuk terus dilakukan meski nabi sendiri tidak mengajarkannya,” terangnya.

Disampaikan, yang dimaksud dengan jangan merubah apa yang nabi ajarkan maksudnya adalah jangan merubah-rubah syariat berupa ibadah mahdlah.