TEMUAN BARU, SAMPAH JADI MONGGOT

oleh -
BUDIDAYA - Seorang warga Desa Wonorejo Kecamatan Wonopringgo berhasil membudidaya Maggot untuk pakan ikan.

**Untuk Pakan Budidaya Ikan

WONOPRINGGO – Seorang warga berhasil menemukan hal baru yakni dari sampah organik menjadi monggot. Monggot sendiri adalah larva lalat berjenis Black Soldier Fly (BSF) atau belatung untuk dijadikan pakan ikan.

Saat ini temuan ini tengah dikembangkan di Dukuh Wonokeri Desa Wonorejo Kecamatan Wonopringgo. Salah satu pembudidaya adalah Irham. Mereka hanya bermodal sampah organik. Dengan temuan ini, warga bisa menekan biaya pembelian pakan budidaya ikan lele hingga jutaan rupiah per bulan. Usaha lalat tentara hitam ini sendiri sudah ditekuninya akhir tahun 2021.

Sekadar untuk diketahui, Maggot atau Larva dari lalat tentara hitam ini dianggap ampuh sebagai spesies yang sangat efektif dalam mengurai sampah organik. Seperti sampah rumah tangga, buah buahan, sayuran, dan jenis lainya.

“Maggot disini ada fungsi, pertama itu sebagai pengurai sampah, kedua sebagai pakan ternak, dan ketiga itu support sistem dari dunia perikanan dan peternakan,” katanya Irham ketika dilokasi Budidaya Maggot, Sabtu (16/07/2022).

Irham mengatakan, budidaya maggot untuk peduli lingkungan tentunya bukan hanya sekadar pada kegiatan iseng saja. Akan tetapi, musti ada aksi nyata penerapan di lapangan. Bahkan jika ditekuni, justru dapat demi menopang kemandirian ekonomi.