RSUD Bendan Terima 50 Pasien Osteoporosis Setiap Hari

oleh -
EDUKASI - RSUD Bendan Kota Pekalongan menggelar edukasi kesehatan dengan mengusung tema osteoporosis, Kamis (14/7/2022).

*Berikan Edukasi tentang Osteoporosis

KOTA – RSUD Bendan Kota Pekalongan menggelar edukasi kesehatan dengan mengusung tema osteoporosis, Kamis (14/7/2022). Kegiatan yang digelar di Aula RSUD Bendan tersebut, dibuka langsung oleh Wali Kota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid dan dihadiri Wakil Wali Kota Pekalongan, Salahudin, Sekretaris Daerah Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih, dan Kepala Dinas Kesehatan, Slamet Budiyanto.

Plt Direktur RSUD Bendan, dr Difayana mengungkapkan, selain untuk mengedukasi masyarakat bagaimana mengenai penyakit osteoporosis dan penanganannya, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat Kota Pekalongan.

Setiap hari, jumlah pasien osteoporosis berdasarkan kunjungan pasien di poli yang menangani osteoporosis mencapai 40-60 pasien atau setidaknya 30 persen diantaranya pasien mengalami osteoporosis. Sehingga diharapkan melalui kegiatan ini masyarakat menjadi lebih paham bagaimana cara mencegah dan menangani agar kasus osteoporosis di Kota Pekalongan dapat menurun.

Edukasi ini diberikan kepada seluruh masyarakat melalui lurah, kepala puskesmas serta pembina posyandu dalam penanganan osteoporosis yang disampaikan oleh dr. Yusuf Khairul, Sp.OT.

Wali Kota Pekalongan A Afzan Arslan Djunaid mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh RSUD Bendan. Ia berharap usai diberikan edukasi terkait penyakit osteoporosis, masyarakat lebih pandai untuk mengantisipasi dan mencegah penyakit ini, melalui penerapan hidup sehat dan konsumsi makanan yang seimbang dan bergizi. Sebab menurutnya, sesuai motto atau slogan dari dunia kesehatan, lebih baik mencegah daripada mengobati.