Dua Tahun Ditiadakan, Lomba Seketeng Kembali Digelar

oleh -
SEKETENG - Seketeng atau gapura di Kampung Tepas, Kelurahan Medono, Kecamatan Pekalongan Barat dihias untuk mengikuti lomba seketeng tingkat Nasional di bulan Agustus tahun 2019 silam.

*Peringati HUT RI

KOTA – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Pemkot Pekalongan akan kembali menggelar lomba seketeng atau menghias gapura bagi warga Kota Pekalongan setelah sebelumnya sempat ditiadakan selama dua tahun karena pandemi Covid-19.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Pekalongan, Soesilo mengungkapkan bahwa Pemkot Pekalongan akan menggelar lomba seketeng antar kelurahan se-Kota Pekalongan dengan mengusung tema HUT ke-77 RI tahun 2022 yakni Pekalongan Rahat atau Merawat Pekalongan.

“Makna dari tema yang diusung yakni semangat gotong royong dan semangat nasionalisme menyambut HUT RI dengan menyelaraskan nilai-nilai lokal Kota Pekalongan dan kegotongroyongan,” jelas Soesilo Kamis (14/7/2022)

Disebutkan Soesilo, edaran perihal lomba seketeng sudah disebar, pendaftaran dilakukan pada 1 Agustus 2022 di Bagian Pemerintahan. Nantinya masing-masing kelurahan mewakilkan satu untuk dilombakan, sehingga pada tanggal tersebut disampaikan deskripsi, narasi, dan lokasi seketeng yang akan dilombakan. “Penilaian lomba akan dilakukan pada 14-17 Agustus dengan pengambilan foto pada waktu tersebut, dan pada 17 Agustus akan diumumkan pemenangnya,” beber Soesilo.

Dikatakan Soesilo, Pemkot Pekalongan menargetkan 27 kelurahan turut semua dalam lomba ini. Terkait juara dan hadiah, juara 1 akan mendapatkan Rp10 juta, juara 2 Rp7 juta, juara 3 Rp5 juta, harapan 1 Rp3 juta, harapan 2 Rp2,5 juta, dan harapan 3 Rp2 juta. “Kriteria penilaiannya yakni semangat gotong royong para warga, originalitas, keunikan dan kreativitas, unsur keindonesiaan, dan sebagainya,” papar Soesilo.

Soesilo mengajak masyarakat untuk memanfaatkan momen ini. Ini menjadi kesempatan untuk menggali ide kreatif, membangkitkan gotong royong di masyarakat, dan menyambut semangat HUT RI. “Harapannya lomba seketeng ini berjalan lancar dan dapat memeriahkan HUT RI, melestarikan tradisi dan nilai kedaerahan, membangkitkan gotong royong, persatuan, serta semangat nasionalisme warga Kota Pekalongan,” pungkasnya.(way)