Turunkan Tim Tangani Banjir di Pati, Ganjar : Tolong Orangnya, Tanggul Jebol Diperbaiki

by -
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

SURAKARTA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan telah mengirim tim untuk menangani bencana banjir di Pati. Tanggul darurat yang jebol, Ganjar meminta untuk diperbaiki.

Hal itu dikatakan Ganjar usai memberikan kuliah kebencanaan pada mahasiswa Politeknik Akbara Surakarta, Kamis (14/7). Tim yang turun, kata Ganjar terdiri dari BPBD dan PMI.

“Mereka sudah ada di lapangan. PUPR sudah turun, BBWS saya minta turun, dan hari ini kami koordinasi. Pak Bupati, BPBD juga sudah respons, PMI sudah turun juga di sana,” kata Ganjar.

Ganjar mengimbau para relawan agar segera mengevakuasi warga yang terdampak banjir di sejumlah titik di Pati. Ganjar juga meminta agar tanggul darurat yang jebol di Sungai Sat segera diperbaiki.

“Maka yang penting tolong orangnya. Tapi segera yang jebol diperbaiki,” tegasnya.

Sebagai informasi Sejumlah desa di Kabupaten Pati diterjang banjir. Di Kecamatan Pati kota, terpantau Desa Mulyoharjo, Desa Kutoharjo, Kalidoro, Widorokandang.

Di Kecamatan Wedarijaksa banjir juga merendam Desa Ngurensiti, Ngepungrojo, Mbapoh. Sementara di Kecamatan Margoyoso juga menerjang Desa Tunjungrejo, Bulumanis dan Sidomukti.

Data dari BPBD Kabupaten Pati, hujan yang terjadi semalaman pada Rabu (13/7) hingga Kamis (14/7) dini hari juga mengakibatkan longsor di Kecamatan Tlogowungu. Ada tiga desa yang terdampak longsor. (red)