Seluruhnya Sehat, Jemaah Haji Kota Pekalongan Telah Meninggalkan Mina

oleh -
TENDA - Tampilan bagian luar tenda jemaah haji Kloter 43 dari Kab Purbalingga, Kota Pekalongan, Kota Tegal, Kab Sleman yang mereka gunakan selama berada di Mina.

KOTA – Sebanyak 162 orang jemaah haji dari Kota Pekalongan yang tergabung dalam Kloter 43 Embarkasi Solo (SOC), saat ini sudah kembali ke Makkah, setelah sebelumnya mereka melakukan lempar jumrah di Mina.

Petugas Pembimbing Ibadah Kloter 43 SOC, H Mundakir SH, yang juga Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan, mengatakan sebelumnya pada Selasa (12/7/2022) atau 13 Dzulhijjah 1443 Hijriyah mulai pukul 08.00 Waktu Arab Saudi (WAS), jemaah haji yang mengambil Nafar Tsani bergerak keluar dari tenda Mina kembali ke kota Makkah.

“Sedangkan yang mengambil Nafar Awal telah kembali ke Makkah tanggal 12 Dzulhijjah 1443 H, termasuk jemaah haji asal Kota Pekalongan,” jelas Mundakir, melalui sambungan telepon kepada Radar Pekalongan, Selasa (12/7/2022) pagi.

Untuk dikerahui, Nafar awal yaitu rombongan meninggalkan Mina setelah melontarkan ketiga jumrah (ula, wustha, dan aqabah) yang masing-masing dilempar sebanyak tujuh kali pada tanggal 12 Dzulhijjah.

Sedangkan yang dimaksud nafar tsani yaitu rombongan meninggalkan Kota Mina setelah melemparkan ketiga jumrah pada tanggal 13 Dzulhijjah.

Mundakir menyebutkan, jemaah haji asal Kota Pekalongan yang jumlahnya 162 orang, mengambil Nafar Awal sebanyak 31 jemaah. “Sisanya mengambil Nafar tsani yang akan kembali ke kota Makkah hari ini Selasa 13 Dzulhijjah 1443 H waktu setempat, setelah melaksanakan lempar jumrah yang terakhir,” imbuh Mundakir kemarin.

Dijelaskan Mundakir, saat ini kondisi seluruh jemaah haji dari Kota Pekalongan dalam kondisi sehat. Para jemaah setelah sampai di Makkah, mereka akan melaksanakan rukun haji berikutnya atau yang terakhir yaitu Thowaf Ifadhoh. “Alhamdulillah semua jamaah haji Kota Pekalongan sejumlah 162 dapat melaksanakan etape ibadahnya dengan baik,” imbuh Mundakir. (way)