Covid Mereda, Pajak Hiburan Melonjak

oleh -
PENJELASAN - Kepala BPKPAD Batang, Sri Purwaningsih, saat menjelaskan realisasi PAD semester I tahun 2022, kemarin.

BATANG – Pandemi Covid-19 yang sudah mereda dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang kini berada di level I, membawa dampak positif bagi capaian realisasi pajak di beberapa sektor.

Seperti penerimaan pajak sektor hiburan misalnya. Dikatakan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kabupaten Batang, Sri Purwaningsih, bahwa ada kenaikan beberapa kali lipat pada capaian pajak sektor hiburan.

“Penerimaan pajak hiburan pada semester I 2022 ini sudah mencapai angka Rp 374 juta. Naik berkali-kali lipat dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu. Di mana penerimaan pajak hiburan hanya mencapai angka Rp1 juta,” ungkap Sri Purwaningsih, kemarin.

Menurutnya, kenaikan penerimaan pajak hiburan itu karena memang kasus penularan Covid-19 di daerahnya kini sudah reda, dan diikuti dengan sudah dilonggarkannya pembatasan kegiatan wisata dan hiburan.

“Ya penyebabnya karena tahun kemarin kasus Covid-19 itu masih tinggi-tingginya, disertai adanya aturan PPKM yang sangat ketat. Jadi, sejumlah tempat hiburan lesu, tidak ada pengunjung,” ujar Sri Purwaningsih.

Ia mengatakan, dampak positif lainnya yang terlihat ialah pada realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) semester I tahun 2022 secara keseluruhan, yang kini sudah mencapai Rp129,1 miliar atau 35,89 persen dari target Rp305,9 miliar.