Tolong, Lamanya Pengabdian Honorer Dipertimbangkan

oleh -
HALAL BI HALAL - Ribuan guru dan tendik Pagardika Batang saat mengikuti halal Bi halal beberapa waktu lalu.

*Terkait Permenpan RB Pengangkatan PPPK

BATANG – Keberadaan Peraturan Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 20 Tahun 2022 tentang Pengadaan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) Guru Pada Instansi Daerah Tahun 2022 mendapat apresiasi dari Paguyuban Tenaga Honorer Pendidik dan Kependidikan (Pagardika) Kabupaten Batang. Namun demikian, mereka meminta agar lamanya masa pengabdian para honorer ini menjadi prioritas pemerintah untuk mengangkatnya menjadi PPPK.

Ketua Pagardika Batang, Soebono, menilai terbitnya Permenpan RB No 20 Tahun 2022 sebagai wujud keberpihakan pemerintah untuk mengatasi permasalahan status dan kesejahteraan guru honorer. Sebab aturan ini semakin mempermudah peluang para guru honorer yang telah lama memperjuangkan nasibnya untuk diangkat menjadi PPPK.

Namun demikian, Soebono juga meminta pemerintah tidak hanya memprioritaskan pengangkatan PPPK bagi guru honorer yang telah lolos nilai ambang batas (passing grade). Sebaliknya, pihaknya berharap pemerintah juga benar-benar mempertimbangkan masa kerja para guru non PNS ini, khususnya bagi yang telah mengabdi dalam rentang waktu yang lama. Sebab sejauh ini keberadaan para guru honorer ini punya andil besar dalam menjaga keberlangsungan pendidikan, terutama untuk jenjang Sekolah Dasar (SD), menyusul terjadinya gelombang pensiun guru PNS angkatan Inpres.

“Jadi dari sekitar 956 guru honorer yang dinyatakan memenuhi passing grade itu banyak yang usia muda. Sehingga jika nantinya di tahun 2022 akan diambil 815, maka saya prediksi yang sudah lama mengabdi tidak banyak tersaring karena nilainya tidak cukup tinggi, dibandingkan dengan yang muda,” ujar Soebono saat diwawancarai, Senin (12/7/2022).

Dikatakannya, Pagardika berharap nantinya guru yang lama mengabdi dapat mendapatkan prioritas. Sehingga meskipun passing gradenya di limit bawah, tetap berpeluang untuk diprioritaskan.