Layanan Kunjungan di Lapas dan Rutan Kembali Dibuka

by -
KUNJUNGAN - Rutan Kelas IIA Pekalongan telah membuka layanan kunjungan tatap muka WBP dan keluarganya sejak Senin (11/7/2022). Sedangkan di Lapas Kelas IIA Pekalongan membuka layanan kunjungan tatap muka mulai Selasa (12/7/2022).

KOTA – Lebih lebih dari dua tahun lamanya layanan kunjungan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) ditiadakan akibat pandemi Covid-19, kini layanan tersebut kembali dibuka di seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) maupun Rumah Tahanan Negara (Rutan).

Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor: PAS-12.HH.01.02 Tahun 2022 tentang Penyesuaian Mekanisme Terhadap Layanan Kunjungan Secara Tatap Muka dan Pembinaan yang Melibatkan Pihak Luar dikeluarkan sebagai dasar pelaksaan kebijakan

Kepala Rutan (Karutan) Kelas IIA Pekalongan, Anggit Yongki Setiawan membenarkan bahwa sesuai Surat Edaran Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI, mulai Senin, 11 Juli 2022, tahanan di Rutan Kelas IIA Pekalongan dapat dikunjungi oleh keluarga secara langsung.

Untuk ketentuannya, pihak Rutan mengatur jadwal pemberlakuan dengan sistem selang-seling, dimana untuk hari Senin, Rabu, dan Jumat untuk kunjungan bagi tahanan. Sementara, untuk Hari Selasa, Kamis, dan Sabtu untuk kunjungan WBP.

“Dalam kunjungan tatap muka, kami juga masih tetap memberlakukan protokol kesehatan dan sejumlah pembatasan. Dimana, pengunjung maksimal 2 orang yang merupakan keluarga inti dari WBP atau napi (istri/ayah/ibu/mertua/anak/cucu),” kata Karutan Anggit saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Anggit menerangkan, apabila ada pengunjung anak-anak, maka anak tersebut minimal di atas 3 tahun dengan disertai vaksin lengkap. Jika keluarga belum vaksin lengkap, maka disarankan untuk melengkapi vaksin dengan mengunjungi puskesmas maupun fasyankes terdekat.