Istimewanya Anak Berkebutuhan Khusus

oleh -
DOK – Salah satu siswa SLB sedang Unjuk kebolehan dalam melukis.

*Menengok Keseruan Kelas ABK di SLB PRI

Setiap anak yang terlahir didunia ini adalah istimewa, dan membawa karakter yang berbeda-beda. Itu prinsipnya, baik anak-anak biasa maupun anak berkebutuhan khusus (ABK). Maka sudah menjadi tugas seorang pendidik untuk bisa mendampingi perkembangan setiap anak sesuai keistimewaan mereka. Bagaimana ceritanya?

Saat itu, tepat jam dinding menunjukkan pukul 09.00 pagi. Suasana sekolah begitu ramai berlalu lalang siswa yang berlari-lari menikmati waktu istirahat mereka. Namun berbeda terlihat di ruang para pendidik, disela-sela istirahat, mereka harus menyempatkan diri dengan bahan ajar yang perlu disiapkan. Bahkan mungkin bahan ajar yang sering kali menyimpang dari target yang harusnya dicapai.

“Kalau bicara target mengajar, tentu saja kami sama ya seperti para pendidik yang lain. Meskipun secara standarisasi berbeda, namun sering banget itu kita meleset dari rencana belajar, misalnya kita ingin mengenalkan bola dan bentuk lingkaran tapi karena mereka ada yang faham bola bisa buat main ya akhirnya malah dibuat main deh, dan kita mau tidak mau harus mengikuti mereka dulu,” ungkap Eko Haryanto Ketua Yayasan SLB PRI Buaran.

Hal itu harus ia hadapi setiap hari, bahkan terlihat ia dengan sabar menggandeng siswanya untuk masuk kelas dan mengikuti pelajaran, ada juga siswa yang harus digendong masuk dalam kelas karena sedang asik bermain.

Tak berhenti disitu, kesabaran dan ketelatenan kembali harus dipraktekkan didalam kelas. Suasana kelas dengan siswa 5 anak ini ternyata tak cukup membuat kondisi kelas lebih kondusif, ada siswa yang tiduran diatas meja, bermain lari-larian, berdiri dan menghapus papan tulis namun juga ada yang memperhatikan pelajaran meskipun tak bertahan lama.