Vaksinasi PMK Terus Diintensifkan

by
INTENSIF - Dislutkanak bersama anggota Koramil/05 Reban saat melakukan vaksinasi PMK di Desa Ngroto, Selasa (5/7/2022).

Batang – Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislutkanak) Kabupaten Batang terus mengintensifkan kegiatan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) pada hewan ternak. Upaya itu dilakukan terutama menjelang Idul Adha atau Hari Raya Qurban.

Seperti dilakukan Selasa (5/7/2022) kemarin, Dislutkanak bersama anggota Koramil/05 Reban melakukan vaksinasi terhadap hewan ternak di wilayah Kecamatan Reban.

Medis Veteriner drh Ayu Astuti Edy Putranti mengatakan, vaksinasi PMK bertujuan agar hewan ternak milik warga tidak terpapar PMK. “Terlebih sudah mendekati hari raya kurban banyak warga yang membeli hewan ternak. Jangan sampai hewan ternak kita sakit dan terlanjur dijual,” katanya, saat ditemui usai menyuntikkan vaksin PMK, di Desa Ngroto, Reban, Selasa (5/7/2022).

Ia menyarankan agar para pemilik ternak selalu menjaga kebersihan kandang dan ternaknya. Sesering mungkin melakukan pembersihan kotoran sapi dan menyemprotkan disinfektan. “Selain itu, dapat ditambahkan dengan pemberian suplemen maupun obat-obatan hewan bila ada sapi yang terindikasi sakit,” tuturnya.

Menurut Ayu, wabah PMK pada sapi dan binatang ternak lainnya dapat ditangani dengan cepat, yang terpenting pemilik ternak harus cepat melaporkan ke pihak terkait, apabila ada hewan ternaknya sakit. “Ini upaya kita bersama agar penyebaran PMK tidak ada di Kabupaten Batang,” tegasnya.