Sekolah Harus Bebas Pungutan

by -
Aji Suryo

*Pemda Bantu Seragam Gratis

KAJEN – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023 masih proses daftar ulang. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan menegaskan tak boleh ada pungutan dalam bentuk apapun saat proses daftar ulang itu.

Kabid Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan, Aji Suryo, kemarin, mengatakan, PPDB SD/SMP yang dibuka dari tanggal 27 Juni hingga 1 Juli 2022 berjalan lancar. Pengumuman tanggal 2 Juli pun berjalan baik, dengan menggunakan juknis yang ada.

“Tahun ini sistem PPDB kami serahkan ke sekolah-sekolah. Tidak PPDB online yang dikoordinir di dinas, maka sekolah-sekolah serentak tanggal 2 Juli lakukan pengumuman jam 10.00 pagi,” terang Aji.

Selanjutnya, sejak Senin (4/7/2022) lalu hingga Kamis (7/7/2022) hari ini, anak-anak yang dinyatakan diterima ikuti proses daftar ulang. Pihak dinas, tandas dia, sudah memberi penegasan ke kepala sekolah agar daftar ulang memedomani Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan PPDB.

Yakni, sekolah tidak boleh mengaitkan pelaksanaan PPDB dengan penjualan seragam, uang gedung, dan sebagainya.

“Untuk kebijakan daftar ulang saya tegaskan hanya untuk daftar ulang. Tanpa ada embel-embel apapun. Baru setelah yang bersangkutan resmi menjadi siswa sekolah itu bisa dirembug dengan komite dan orang tua siswa,” tandasnya.