Awas, Zat Berbahaya pada Makanan!

oleh -
BAHAS PANGAN - Kegiatan FGD Keamanan Pangan di Aula Pemkab Batang, Rabu (6/7/2022).

*BPOM Temukan pada Kerupuk dan Mie Usek

BATANG – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (POM) di Semarang meminta masyarakat Kabupaten Batang mewaspadai peredaran pangan kerupuk mie dan usek yang mengandung bahan pewarna berbahaya.

Kepala Balai Besar POM Semarang, Sandra MP Linthin mengatakan, bahwa pihaknya masih menemukan produsen pembuatan kerupuk mie dan usek di Batang yang menggunakan bahan pewarna berbahaya berupa Rhodamin B dan Auramin.

“Berdasarkan uji lab, kerupuk mie warna kuning, dan kerupuk usek warna kuning dan merah yang beredar di Batang masih mengandung Auramin dan Rhodamin B,” ujar Sandra pada FGD Keamanan Pangan di Aula Pemkab Batang, Rabu (6/7/2022).

Ia mengatakan, uji sampling makanan itu telah dilakukan sejak tahun 2021 di Kelurahan Kasepuhan dan Karangasem Selatan pada 13 produsen. Adapun dari total 12 sampel diuji kandungan Auramin, 7 sampel menunjukkan hasil positif. Kemudian, dari total 8 sampel diuji kandungan Rhodamin B, semuanya menunjukkan hasil positif.

“Adanya temuan itu, tahun kemarin kami memberikan bimbingan teknis kepada pelaku usaha kerupuk mie dan usek. Selain itu, juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama oleh BBPOM dengan beberapa pelaku usaha kerupuk mie dan usek untuk tidak menggunakan bahan berbahaya lagi dalam produk olahannya,” katanya.