Jemaah Haji Kota Pekalongan dalam Kondisi Sehat, Kamis Sore Dijadwalkan Berangkat ke Arafah

by
Petugas pembimbing ibadah haji kloter 43 SOC, H Mundakir SH, sedang memberikan visitasi bimbingan ibadah menjelang Armuzna (Arafah, Muzdalifah, Mina), bertempat di ruang mushola Hotel Kiswah Tower 5, Mekah, Arab Saudi, kemarin. istimewa

KOTA – Menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji 1443 Hijriyah, seluruh jemaah haji dari Kota Pekalongan yang sejumlah 162 orang saat ini dalam kondisi sehat. Mereka sedang berada di tempat penginapan tepatnya di Hotel Kiswah Tower 5, Jerwal, Mekah, Arab Saudi.

Demikian disampaikan Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan, yang juga selaku Petugas Pembimbing Ibadah Haji Kloter 43 SOC (Embarkasi Solo) Mundakir SH, saat dihubungi Radar Pekalongan melalui sambungan telepon, Rabu (6/7/2022) siang.

“Alhamdulillah semuanya dalam kondisi sehat. Saa ini sedang berada di Hotel Kiswah Tower 5 di daerah Jarwal, sekutar 1 kilometer dari Masjidil Haram,” kata Mundakir.

Mundakir menyampaikan, para jemaah haji saat ini sedang melakukan berbagai persiapan sebelum berangkat ke Arafah pada Kamis sore (7/7/2022). Dia juga mengungkapkan, pada Rabu (6/7/2022) sore ada sebanyak 34 jemaah dari KBIH Aisyiah akan berangkat terlebih dahulu ke Mina untuk melaksanakan Tarwiyah.

Tarwiyah adalah menginap (mabit) di Mina pada tanggal 8 Dzulhijjah sebelum wukuf di Padang Arafah. Di tempat itu mereka yang berhaji menunaikan sholat Zhuhur, Asar, Magrib, Isya, dan Subuh. Mereka tidak meninggalkan Mina sebelum terbit matahari pada Hari Arafah.

“Sedangkan yang lainnya, akan berangkat ke Arafah pada besok sore (Kamis, 7/5/2022) untuk persiapan puncak ibadah haji (wukuf) pada hari Jumat (8/7/2022),” bebernya.

Lebih lanjut Mundakir mengungkapkan, suhu cuaca di Mekah rata-rata berkisar antara 40 sampai 45 derajat celsius. Untuk itu, seluruh jemaah haji diimbau untuk menjaga kesehatan dan kondisi tubuh, agar tetap fit saat melaksanakan puncak ibadah haji.

“Para jemaah kita sarankan untuk jangan keluar-keluar dulu karena sebentar lagi akan melaksanakan ibadah yang utama. Alhamdulillah mereka pada mau, sehingga sampai saat ini tidak terjadi masalah kesehatan,” imbuh Mundakir. (way)