Santri Diajak Tak Hanya Sekedar Mengaji

by
BUKA - Pembukaan Turnamen Futsal Mahasin Cup 2022 yang digelar MA Takhasus Al-Inaaroh Wonotunggal Batang.

WONOTUNGGAL – MA Takhasus Al-Inaaroh Wonotunggal Batang mencoba mengubah paradigma masyarakat tentang santri. Pihaknya menekankan jika santri tidak hanya sebatas mengaji saja. Tetapi santri di era sekarang juga aktif dalam berbagai kegiatan dan punya beragam kompetensi.

Hal ini salah satunya diwujudkan dengan gelaran turnamen futsal Mahasin Cup 2022. Turnamen ini diikuti sembilan klub SMP sederajat di Kabupaten Batang dan sekitarnya. Turnamen ini digelar selama dua hari, 5-6 Juli 2022.

“Kami ingin bisa menyerap minat bakat santri. Jadi santri bisa mempunyai wadah untuk mengekpresikan minat dan bakatnya. Karena selama ini pesantren sering dianggap saklek hanya mengaji saja. Tapi kali ini kami wadahi apa yang jadi kesukaannya anak-anak, apalagi sekarang masih gaung kurikulum merdeka,” ujar Kepala MA Takhasus Al-Inaaroh Wonotunggal, M Kafabih saat diwawancarai usai pembukaan turnamen futsal, Selasa (5/7/2022).

Turnamen ini menjadi rangkaian haflah awalussanah yang digelar MA Takhasus Al-Inaaroh. Di mana nantinya ada dua pemenang dengan hadiah uang pembinaan, sertifikat dan tropi. Selain itu juga akan diberikan penghargaan untuk tim suporter terfavorit.

Dengan turnamen ini pihaknya mendukung pengembangan siswanya di bidang non akademik. MA Takhasus Al-Inaaroh juga menyiapkan lapangan futsal dan olahraga sebagai sarana penunjang kegiatan santrinya di bidang olahraga. Selain itu, diharapkan nantinya muncul potensi atlet dari kalangan santri di madrasahnya.