Dua Sungai Bakal Bakal Ditata

by
Ari Yudianto, Pj Sekda Batang

*Pusat Alokasikan Ratusan Miliar

BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang memastikan dua sungai di daerahnya akan dilakukan penataan. Dua sungai itu ialah, Sungai Gabus dan Sungai Sambong yang berada di Kecamatan Batang.

Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Batang, Ari Yudianto mengatakan, bahwa pekerjaan itu akan ditangani langsung oleh pemerintah pusat dengan nilai anggaran mencapai ratusan miliar rupiah.

“Kita ketahui bersama dua sungai itu mengalami pendangkalan. Jadi, jika air laut pasang, dan mengalir ke sungai, maka air akan meluap dan menggenangi pemukiman warga. Maka, mudah mudahan dengan upaya penataan ini musibah banjir ataupun banjir rob bisa teratasi,” kata Ari, kemarin.

Ari Yudianto yang juga menjabat Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Kabupaten Batang itu menyebutkan, bahwa anggaran penataan Sungai Gabus mencapai lebih dari Rp300 miliar.

“Penataan Sungai Gabus ini berupa normalisasi dan pembuatan talud sepanjang 3,6 Kilometer. Namun yang tahu pasti spesifikasinya Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS),” katanya.