Lulus, 32 Peserta Pelatihan Terima Sertifikasi BNSP

by
SERAHKAN SERTIFIKAT - Kepala Disnakertrans Kabupaten Batang, Suprapto menyerahkan sertifikat uji kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

BATANG– Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Batang meluluskan 32 peserta pelatihan kompetensi, program peningkatan tenaga kerja dan produktivitas yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahap 2.

Kepala Disnaker Kabupaten Batang, Suprapto mengatakan, bahwa 32 peserta tersebut telah dilatih selama 33 hari dengan instruktur yang berkompeten dan berhasil mendapat sertifikat uji kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

“Pada pelatihan tahap 2 ini, ada dua program yang diikuti para peserta yakni pelatihan menjahit pakaian wanita dewasa dan pelatihan praktikal office advance komputer. Ada sebanyak 32 peserta pada pelatihan ini, di mana masing-masing kelasnya diisi oleh 16 peserta,” jelasnya, Selasa (5/7/2022).

Ia mengatakan, kegiatan pelatihan kerja itu sudah menjadi tugas Disnakertrans Kabupaten Batang untuk meningkatkan sumber daya manusia masyarakat setempat. Ia berharap, melalui kegiatan pelatihan itu, kompetensi masyarakat Batang dapat meningkat dan bisa bersaing dalam mencari kerja, baik di sektor formal maupun informal.

Dijelaskan dia, program pelatihan dari dana APBN itu digelar setiap tahun. Namun selama pandemi Covid-19, Disnakertrans Kabupaten Batang hanya mendapat 5 paket untuk 80 siswa pelatihan.

“Pelatihan yang kita laksanakan sesuai dengan kebutuhan pasar atau supplay demand. Pasalnya, permintaan tenaga kerja untuk pabrik garmen saat ini sangat tinggi dan belum memenuhi target,” kata Suparpto.