Prosentase Zona Merah 40%, Zona Hijau 40%

oleh -
VAKSINASI - Proses vaksinasi PMK pada hewan ternak sapi di Kabupaten Batang terus dikebut.

*Pemkab Kejar Target Vaksinasi PMK

BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang terus mengebut pemberian vaksin pada hewan ternak di wilayahnya sebagai upaya mencegah penularan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) di daerah itu. Terlebih, saat ini prosentase zona merah di Kabupaten Batang sudah 60 persen, dan zona hijau 40%.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dislutkanak Batang, Syam Manohara mengatakan, pihaknya mengintensifkan percepatan vaksinasi hingga mencapai target 300 ekor sapi per hari.

“Dari alokasi yang kami dapat sebanyak 3.000 dosis vaksin, kini sudah mencapai 1.699 ekor hewan ternak yang kami suntikan vaksin,” ujar Syam, Senin (4/7/2022).

Syam mengatakan, vaksin itu diberikan pada hewan ternak yang sehat dan belum pernah terpapar virus PMK. “Ternak yang sudah terpapar PMK tidak divaksin, karena vaksin itu memang diperuntukkan bagi ternak yang masih sehat. Sedangkan ternak yang sakit diberikan pengobatan intensif oleh tim khusus,” tegasnya.

Dikatakan dia, desa yang mendapat alokasi vaksin harus benar-benar tidak ada hewan ternak yang pernah terpapar PMK. Kalau ditemukan ada satu ekor sapi saja yang terpapar PMK, proses vaksinasi dibatalkan.

Syam menerangkan, ketika petugas membuka botol vaksin, diharuskan 100 dosis vaksin itu harus segera habis. “Jika dalam satu desa zona hijau hanya ada 30 ekor sapi, maka petugas harus berpikir cepat untuk mencari desa zona hijau lain di sekitar, untuk mencapai target,” jelasnya.