Desa Wates Rintis Sentra Durian Musang King di Batang

by
TANAM PERDANA - Kades Wates Wonotunggal saat memulai penanaman perdana bibit pohon durian musang king di Buper Desa Wates, Jumat (1/7/2022).

WONOTUNGGAL – Desa Wates, Kecamatan Wonotunggal-Batang berupaya menggali potensi desanya. Salah satunya dengan membranding desanya sebagai sentra buah durian Musang King. Untuk mendukung program ini, pemerintah desa baru-baru ini melakukan penanaman serentak hingga 1.850 bibit pohon.

Kepala Desa Wates, Wahyono menjelaskan, hal ini sebagai upaya mendukung program ketahanan pangan desanya, sekaligus mengembangkan komoditas durian Musang King di Batang.

“Kami berharap dengan langkah ini, bisa kami mulai rencana pengembangan durian musang king di Batang. Karena durian ini banyak diminati, sehingga bisa menghadirkan peluang ekonomi baru bagi masyarakat. Apalagi jika 1.850 pohon ini berkembang, desa Wates bisa menjadi gudangnya durian musang king,” ujarnya saat diwawancarai pada Minggu (3/7/2022).

Selain itu, program ini juga sekaligus menjadi sarana penghijauan desa. Di mana setiap warga diberikan dua bibit pohon per rumah. “Kami tata juga lingkungan desa Wates menjadi desa yang asri. Karena kami juga ada rencana pengembangan bumi perkemahan (Buper). Di mana sudah 26 tahun tidak dikelola. Sehingga perlu dimanfaatkan untuk menambah pendapatan desa. Sehingga nantinya ke depan bisa dibuat semacam kegiatan out bound atau kegiatan outing class sembari belajar dan panen durian,” harapnya.

Pengembangan Buper dianggap tepat lantaran banyak sekolah yang membutuhkan sarana ini. Apalagi jika menyangkut kegiatan kepramukaan ataupun kegiatan belajar di luar ruang.