Cegah Narkoba Melalui Sosialisasi Teman Sebaya

by

*BNNK Kendal Gandeng Posyandu Remaja

KENDAL – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kendal bersinergi dengan Posyandu Remaja untuk merangkul kelompok remaja supaya bersama-sama mencegah dan menanggulangi penyalahgunaan narkoba. Langkah pencegahan dilakukan dengan melibatkan anak muda yang bisa mengajak lingkungannya memerangi bahaya narkoba. Salah satu Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Remaja yang digandeng adalah Posyandu Remaja di Desa Protomulyo Kecamatan Kaliwungu Selatan.

Penyuluh Narkoba Ahli Muda BNNK Kendal, Sapto Nugroho mengatakan, pihaknya sengaja menyasar remaja untuk diberikan penyuluhan karena rentan dengan penyalahgunaan narkoba. BNN Kendal bersinergi dengan Posyandu Remaja Desa Protomulyo untuk memberikan pesan bahwa permasalahan narkotika banyak menyasar anak muda. Pasalnya, penyampaian pesan pencegahan narkoba akan lebih mudah jika dilakukan sendiri oleh kalangan remaja juga.

“Dengan menggandeng remaja karang taruna ini, nantinya bisa menyampaikan kepada teman-temannya yang lain tentang bahaya narkoba,” katanya, Sabtu (2/7/2022).

Sapto mengatakan, konsep teman sebaya lebih efektif dalam menyampaikan pesan daripada melalui sosialisasi yang formal. Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Protomulyo, anak-anak muda ini diajak bermain dan senam anti narkoba.

Selain itu, ada permainan menyelesaikan puzzle tentang pesan anti narkoba. Dalam permainan puzzle ini ada kerjasama yang baik antar remaja dalam permasalahan pencegahan bahaya narkoba. “Kegiatan ini untuk mendukung Desa Protomulyo sebagai desa bersih narkoba atau Desa Bersinar,” ungkapnya.