Sudah Gratis, Kursus di BLK Bisa Dapat Sertifikat Nasional

by
UJI KOMPETENSI - BLK Batang Gelar Uji Kompetensi Kejuruan Menjahit dan Komputer beberapa waktu lalu.

Batang – Tak hanya gratis, kursus Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Batang juga mendapatkan sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Para peserta pun melakukan uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikasi, Jumat (1/7/2022).

Dengan sertifikasi ini, lulusan kursus BLK bisa memiliki kompetensi sesuai dengan standar nasional. Sehingga bisa lebih diakui dan sesuai dengan kebutuhan industri.

“Para peserta pelatihan melakukan ujian kompetensi sebagai bukti kemampuan sudah kompeten untuk menerima Sertifikasi BNSP, jadi apa saja yang sudah dilatihkan selama ini baik pelatihan menjahit, komputer hasil keberhasilannya akan dilihat memenuhi syarat atau tidak melalui ujian kompetensi,” kata Bagian Mutu Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang, Tofan, saat ditemui usai memantau ujian kompetensi di BLK Batang, Jumat (1/7/2022).

Jika ada peserta yang belum memenuhi standar persyaratan dalam ujian kompetensi tidak akan mendapatkan sertifikasi BNSP. Nantinya dapat mengikuti kembali jika ada pelatihan lagi atau secara mandiri.

Tofan menjelaskan, proses pengujiannya tidak seperti ujian pendidikan, hanya menguji kurikulum yang sudah didapatkan para peserta pelatihan dari instruktur mereka pada saat pelatihan. Sarana prasarananya pun harus yang layak seperti pelatihan komputer minimal harus tersedia 8 unit komputer yang digunakan peserta pelatihan.