Waspadai Demam Berdarah Dengue

by
FOGGING - Petugas melakukan fogging di RT 05 RW 02 Kelurahan Pekuncen, Kecamatan Wiradesa, kemarin.

WIRADESA – Kasus demam berdarah dengue (DBD) perlu diwaspadai. Gerakan 3M perlu ditingkatkan. Agar perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti bisa ditekan.

Selain mensosialisasikan pola hidup bersih dan sehat untuk cegah DBD, Babinsa Koramil Wiradesa Serma Ali Muchid bersama petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan melakukan pengasapan atau fogging di RT 05 RW 02 Kelurahan Pekuncen, Kecamatan Wiradesa, guna mengantisipasi meluasnya DBD di wilayah itu, Kamis (30/6/2022).

Serma Ali Muchid, mengatakan, fogging dilakukan setelah adanya kasus demam berdarah yang yang berada di wilayah binaannya tersebut. Sehingga perlu adanya upaya pencegahan agar tidak meluas.

“Terdapat satu kasus anak yang menderita sakit demam berdarah. Oleh karena itu, kita bersama Dinas Kesehatan langsung bergerak cepat agar penyakit ini tidak meluas,” jelas Serma Ali Muchid.

Selain melaksanakan pengasapan, Babinsa bersama petugas Dinas Kesehatan juga memberikan imbauan kepada warga agar melaksanakan pola hidup bersih dan sehat. Dengan cara mengubur kaleng-kaleng bekas dan menguras bak mandi secara rutin agar tidak dijadikan tempat berkembang biaknya nyamuk.

“Selain melaksanakan fogging, kita juga mengimbau kepada warga untuk selalu menjaga pola hidup sehat, dan selalu menjaga kebersihan lingkungan dan selalu lakukan 3M. Yakni menguras, membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air, menutup rapat tempat-tempat penampungan air dan memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk DBD,” tandasnya. (had)