MGMP IPS Dukung Pengembangan Profesi Melalui Kurikulum Merdeka

by
PELATIHAN DARING - MGMP IPS SMP Kabupaten Batang Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Berbasis Kurikulum Merdeka, Kamis (29/06/2022).

BATANG – MGMP IPS SMP Kabupaten Batang mengadakan Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Berbasis Kurikulum Merdeka secara daring, Kamis (29/06/2022). Kegiatan kerjasama dengan Jurusan Sosiologi dan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial UNNES ini diikuti 250 pendidik.

Mereka berasal dari berbagai wilayah, seperti Kendal, Magelang, Kota Semarang, Jakarta, Pacitan, Kabupaten Barru Sulawesi Selatan, Maluku Barat Daya dan juga pendidik di lingkungan kabupaten Batang dari semua jenjang.

Sebagai pemateri, hadir Guru Besar FIS UNNES dan Tim Penilai Angka Kredit Tingkat Pusat, Tri Marhaeni Pudji Astuti. Ia menyampaikan bahwa PKB pada Implementasi Kurikulum Merdeka pada prinsipnya masih sama. Bedanya, perlu adanya ide atau gagasan baru, serta pembuatan Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif yang disesuaikan dengan Kurikulum Merdeka.

“Seperti implementasi elemen yang terdapat pada Penguatan Profil Pelajar Pancasila, ada baiknya guru melaksanakan inovasi dengan mengajar berdasarkan pengalamannya, maka akan menjadi lebih bermakna tidak hanya sekedar teksbook,” ujarnya.

Ketua Jurusan Sosiologi dan Antropologi FIS UNNES, Asma Luthfi, menyampaikan bahwa kerjasama yang terjalin merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan sebagai wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat. “Ketiga hal tersebut menjadi poin penting dalam mewujudakan visi dari perguruan tinggi,” ujarnya.