Pemkab Kaji Pembangunan Tanggul Sungai-Laut

by
TINJAU ROB - Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki didampingi Kepala DPUPR Batang meninjau kondisi banjir rob di Klidang Lor, Kecamatan Batang.

*Atasi Banjir Rob

BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang wacanakan pembangunan tanggul sungai hingga tanggul laut sebagai upaya penangan masalah banjir rob yang kini melanda daerahnya.

Hal itu diungkapkan Penjabat (Pj) Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, saat meninjau kondisi banjir rob di Desa Klidang Lor, Kecamatan Batang, Rabu (29/6/2022).

Lani mengatakan, langkah pertama yang akan diambil Pemkab Batang ialah pembangunan tanggul di sepanjang Sungai Klidang Lor Batang. “Fokus penanganan selanjutnya membuat tanggul laut mulai dari Pantai Sigandu hingga Sungai Sambong. Saat ini kami masih hitung panjangnya berapa, lebarnya berapa, kedalamannya berapa dan butuh anggaran berapa. Semuanya masih dalam kajian,” katanya.

Menurutnya, apabila anggaran Pemkab Batang tak mampu untuk mengcover seluruh pembangunan itu, maka pihaknya akan mengajukan bantuan ke Pemerintah Provinsi Jateng maupun pusat.

“Normalisasi Sungai Sambong akan dilakukan sepanjang 3,6 kilometer oleh pusat. Tak hanya itu, pusat juga akan membuatkan tribun sepanjang 500 meter untuk mendukung olahraga kearifan lokal masyarakat sekitar, yakni lomba dayung tradisional,” katanya.