DD Jateng Siapkan 1.713 Hewan Kurban Berkualitas

by
SIAPKAN - Dompet Dhuafa Jawa Tengah telah menyiapkan 1.713 domba berkualitas untuk Program Tebar Hewan Kurban, yang dipusatkan di Sentra Ternak DD Farm Jawa Tengah di Desa Tamanrejo, Kecamatan Limbangan.

*Sikapi Hari Raya Kurban di Tengah PMK

KENDAL – Menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 H yang masih di tengah ancaman wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), masyarakat diminta tak terlalu khawatir. Pasalnya Dompet Dhuafa Jawa Tengah telah menyiapkan 1.713 domba berkualitas untuk Program Tebar Hewan Kurban.

Adapun hewan kurban yang disiapkan terpusat di Sentra Ternak DD Farm Jawa Tengah di Desa Tamanrejo, Kecamatan Limbangan Kendal. “DD Farm Jawa Tengah merupakan pusat peternakan yang dikelola oleh Dompet Dhuafa,” kata Manajer Sentra DD Farm Jawa Tengah, Arif Fajar Hidayat, Kamis (30/6/2022).

Diungkapkan Arif, sebanyak 1.713 domba sudah masuk ke kandang sejak Februari 2022 dilakukan secara bertahap dan selesai pertengahan April lalu. Semua hewan berkelamin jantan dan mendapatkan pemeliharaan sesuai SOP penggemukan.

“Untuk menjaga domba berkualitas tersebut, ada beberapa perawatan yang dilakukan seperti cukur bulu, disinfektan secara berkala dan selalu berkoordinasi dengan Dinas/pejabat setempat,” ujar Arif.

Menurut Arif, sebelum kasus PMK merebak, semua hewan domba sudah masuk kandang. Pihaknya juga memerketat lalu lintas orang masuk. Meminimalisir orang yang masuk ke kandang dan menyiapkan protokol kesehatan terutama disinfektan bagi kendaraan yang masuk. Jangan sampai orang dan kendaraan yang masuk menjadi carrier. “Apabila ada hewan sakit langsung diisolasi dan berkoordinasi dengan mantri hewan setempat,” jelas Arif.