Sudah 9 Ternak Mati Akibat PMK

by
TINJAU VAKSINASI - Penjabat Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki meninjau vaksinasi PMK di Desa Tenggulangharjo, Kecamatan Subah, Kamis (30/6/2022).

*Pemkab Kebut Pemberian Vaksin

BATANG – Penjabat Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki meninjau langsung pemberian vaksinasi kepada hewan ternak di Desa Tenggulangharjo, Kecamatan Subah sebagai upaya mencegah penularan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) di daerah itu.

Lani mengatakan, Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislutkanak) terus mengebut pemberian vaksin pada hewan ternak. Ia mengatakan, dari total 3 ribu dosis vaksin PMK pemberian Kementerian Pertanian RI, sudah ada 1.321 hewan ternak menerima vaksin itu.

“Ya, hingga Kamis 30 Juni 2022 ini, sudah sebanyak 1.321 hewan ternak jenis sapi sudah menjalani vaksinasi. Semoga pelaksanaan vaksinasi bisa tercapai sesuai terget, dan bisa selesai sebelum Idul Adha 2022,” katanya, kemarin.

Dikatakan Lani, vaksin PMK diberikan pada hewan ternak yang masih sehat dan belum terkena virus. Hal ini dikarenakan, sapi yang sudah terkena virus PMK sudah terbentuk antibodi didalam tubuhnya.

“Kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan Pemerintah Daerah untuk program Pemprov Jateng yang sekarang sedang gencar melakukan penyehatan bagi ternak terinfeksi virus PMK. Diantaranya dengan penyuntikan vitamin, antibiotik, antihistamin, analgesik, dan pengobatan pada luka nampak,” ujar dia.