PMK Kendal Tembus 778 Kasus

by
VAKSINasi - Tekan angka kasus PMK, Pemkab Kendal melakuan berbagai langkah upaya, termasuk salah satunya melakukan vaksinasi hewan sapi yang terjangkit kasus tersebut.

*294 Kasus Sembuh, 4 Mati

KENDAL – Persebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Kendal tercatat masih cukup tinggi. Sejauh ini, total sudah 778 kasus yang ditemukan pada hewan ternak sapi.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 294 ekor dinyatakan sembuh, kondisinya membaik ada 117 ekor, dipotong sebanyak 4 13 ekor, dan 4 ekor diketahui mati. Dengan demikian masih ada 467 ekor yang masuk kasus aktif. Karena itu, Pemerintah Kabupaten Kendal gencar melakukan pemeriksaan kesehatan hewan hingga memberikan vaksinasi PMK sebagai upaya menekan potensi penularannya.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal, Puji Yuwono mengatakan, hewan yang terpapar PMK adalah jenis hewan sapi. Pihaknya masih terus berupaya semaksimal mungkin untuk menurunkan kasus PMK di Kabupaten Kendal, salah satunya dengan memberikan vaksin bagi hewan yang terpapar PMK.

“Kami lakukan vaksinasi di 4 lokasi sekaligus, yaitu di Desa Karanganyar dan Desa Blumah Kecamatan Plantungan, Desa Ngadiwarno Kecamatan Sukorejo, dan Desa Gondoarum Kecamatan Pageruyung. Harapanya kasus PMK di wilayah tersebut tak lagi ada,” katanya, Rabu (29/6/2022).

Pada pelaksanaan vaksinasi tahap satu pada hewan terpapar PMK, Kabupaten Kendal menargetkan 700 dosis vaksin. Sedangakan vaksinasi yang tengah dilakukanya kemarin dengan target 300 dosis vaksin. Vaksinasi melibatkan empat tim vaksinasi yang masing-masing tim memiliki 5 personel sebagai screanning, vaksinator dan pencatatan.