DPN Peradi Lantik Pengurus DPC Peradi Pekalongan, Batang, dan Tegal

by
Jajaran Pengurus DPC Peradi Pekalongan berfoto bersama Sekjen DPN Peradi, Wali Kota Pekalongan, Plt Bupati Batang, dan Wakil Wali Kota Tegal, dalam acara pelantikan pengurus DPC Peradi Batang, Pekalongan, dan Tegal masa bakti 2022-2027 di Hotel Sahid Mandarin Pekalongan, Kamis (30/6/2022). Wahyu Hidayat

KOTA – Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) secara resmi melantik jajaran pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Peradi Pekalongan, DPC Peradi Batang, dan DPC Peradi Tegal masa bakti 2022–2027, bertempat di Hotel Sahid Mandarin Pekalongan, Kamis (30/6/2022).

Pelantikan dilakukan oleh Sekretaris Jendral (Sekjen) DPN Peradi, Dr H Hermansyah Dulaimi SH MH, mewakili Ketua Umum DPN Peradi, Prof Dr Otto Hasibuan SH MM. Jajaran pengurus yang dilantik, meliputi ketua dan wakil ketua, sekretaris dan wakil sekretaris, bendahara dan wakil bendahara, hingga bidang-bidang.

Beberapa nama yang dilantik, diantaranya untuk pengurus DPC Peradi Pekalongan, Ketua dijabat oleh H Arif Nurohman Sulistyo SH MH, sedangkan Sekretaris dijabat Damirin SH.

Kemudian untuk DPC Peradi Batang, Ketua dijabat oleh Eko Yustitianto Kurniawan SH, Sekretaris dijabat Misbahul Aridin SH. Sedangkan untuk DPC Peradi Tegal, Ketua dijabat oleh Suskoco SH MH, dan Sekretaris Raden Azhari Setiadi SH MH.

Selain itu, turut dirangkai pula pelantikan jajaran pengurus Dewan Kehormatan Daerah masing-masing DPC, serta pelantikan pengurus PBH (Pos Bantuan Hukum) masing-masing DPC.

Acara pelantikan dihadiri segenap pengurus DPN Peradi, pengurus dan anggota DPC Peradi Pekalongan, Batang dan Tegal, serta para Ketua DPC Peradi se-Jawa Tengah.

Turut hadir pula kepala daerah tiga daerah dan perwakilan forkopimda setempat. Beberapa yang hadir, antara lain Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid, Plt Bupati Batang Lani Dwi Rejeki, dan Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi ST MM.

Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid dalam sambutannya mengucapkan selamat atas pwlantikan pengurus DPC Peradi tiga daerah tersebut. Dirinya berharap, Peradi bisa terus berkolaborasi dan bersinergi dengan pemerintah daerah di masing-masing kota/kabupaten setempat dalam menjaga kondusivitas.

“Sebab masih ada potensi untuk kejadian-kejadian atau permasalahan di kota maupun kabupaten setempat. Harapannya, Peradi dapat hadir sebagai juru damai atau mediator, supaya tetap kondusif. Kami dari Pemkot Pekalongan siap berkolaborasi dengan Peradi. Mudah-mudahan para pengurus Peradi dan pemerintah daerah bisa berkomunikasi lebih intens lagi ke depannya,” kata Aaf, sapaan akrab Afzan.

Sekjen DPN Peradi, Hermansyah Dulaimi, mengatakan bahwa pelantikan kali ini adalah sebuah prestasi karena ada tiga DPC sekaligus yang dilantik. “Sekaligus ada dua kepengurusan DPC di dua kabupaten/kota baru yang dibentuk yaitu Tegal dan Batang,” katanya.

Hermansyah menjabarkan bahwa Peradi sebagai organ negara, salah satunya mempunyai tugas untuk membentuk dan mendirikan cabang-cabang di setiap kota/kabupaten yang ada Pengadilan Negerinya. Sejauh ini menurut Hermansyah yang terbentuk sudah ada 162 DPC. “Kalau Pengadilan Negeri sekarang ada 347, jadi kita masih punya PR kira-kira separuhnya,” ujarnya.

Dia berharap dengan, maka setiap advokat akan mempunyai dewan pimpinan cabang Peradi sehingga mudah untuk mengelola, mengontrol, dan mengawasi anggotanya. “Terutama agar tidak berperilaku yang merugikan bagi kepentingan para pencari keadilan yang menggunakan jasa mereka. Saya percaya ketiga DPC berikut pimpinan-pimpinannya sanggup melaksanakan tugasnya dengan baik,” imbuh Hermansyah.

Ketua DPC Peradi Pekalongan, Arif NS, mengatakan DPC Peradi Pekalongan siap berkolaborasi dan berperan aktif dengan pemerintah memberikan kontribusi dalam proses penegakan hukum, sebagaimana harapan Wali Kota Pekalongan.

Arif mengungkapkan pihaknya juga sudah punya program antara lain ketika memberikan bantuan dan penyuluhan hukum, akan disiarkan secara live. Nantinya bisa dalam bentuk semacam dialog interaktif. “Dan nanti yang kami sampaikan adalah kajian-kajian hukum dari sisi keilmuan, bukan men-justice terhadap perkara yang sedang dijalani. Intinya menambah wawasan hukum agar nanti masyarakat bisa lebih sadar akan proses penegakan hukum,” ungkap Arif.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tegal, Muhammad Jumadi, yang ikut hadir dalam acara tersebut, sekaligus dilantik sebagai anggota Dewan Kehormatan Daerah DPC Peradi Tegal, mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, hal iti sebagai bentuk sinergi antara Peradi dengan pemerintah kota maupun kabupaten.

“Saya yakin teman-teman Peradi bisa memberikan kontribusi positif untuk masing-masing daerah, baik di kota maupun kabupaten setempat. Selama ini sudah berjalan dengan baik, tapi dengan adanya kepengurusan yang baru ini, harapannya akan lebih baik lagi,” imbuh Jumadi. (way)