Juara Dunia Panjat Tebing, Kiromal Katibin Bakal Dihadiahi Rumah

by
Karyono, Sekretaris KONI Batang

BATANG – Atlet Panjat Tebing asal Batang, Kiromal Katibin, beberapa kali berhasil menjadi juara dunia. Yang terbaru, atlet yang kerap disapa Kiki ini berhasil menjadi juara di nomor speed 15 meter dengan catatan waktu 5,17 detik pada ajang Climbing World Cup IFSC 2022 di Seoul Korea Selatan, Mei lalu.

Atas prestasi ini, Pemkab Batang melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) tengah mempersipkan rumah untuk Kiki. “Kiromal Katibin kita janjikan perumahan di anggaran tahun ini. Insaallah rumah layak huni dapat terealisasi,” kata Sekretaris Koni Batang Karyono, Rabu, (29/6/2022).

Dikatakannya, keluarga Kiki saat ini belum memiliki tempat tinggal. Mereka tinggal satu rumah dengan keluarga besarnya yang berada di Kelurahan Kauman Kecamatan Batang. “Rumah ini sebagai bentuk apresiasi Pemkab Batang dari anggran hibah KONI kepada atlet yang berprestasi,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, atlet Batang yang meraih juara di ajang PON seperti Kiromal Kotibin, Umar Hamdan Atlet Para Layang dan Hadi Atlet dari cabang olahraga atletik juga mendapatkan apresiasi dari Pemkab Batang. “Apresiasi sudah kami siapkan di tahun 2021 di anggaran perubahan. Tapi akhirnya kita akan serahkan di tahun ini,” ungkapnya.

Ia pun menyebutkan bentuk apresiasi kepada atlet berprestasi berupa uang pembinaan. Untuk atlet PON dapat emas mendapat Rp20 juta, perunggu mendapat Rp 10 juta.