Setiap Jurusan Miliki Gandengan Industri

oleh -
DOK - Suasana halal bihalal SMK Ma'arif Jawa Tengah yang digelar di Aula SMK Syafi'i Akrom.

*SMK Syafii Akrom

KOTA – SMK Syafii Akrom penuhi kompetensi dunia industri, dengan setiap jurusan memiliki gandengan industri. Capaian tersebut dimulai dari tahun 2019 lalu dimulai oleh Jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) dengan menggandeng Arkademy sebagai anak perusahaan dari Telkom yang bergerak dibidang programer. Demikian disampaikan Waka Kurikulum SMK Syafii Akrom Hamzah kepada Radar Pekalongan, Rabu (29/6/2022).

Kelas industri tahun dulu kita mulai dari jurusan RPL, dan setiap tahun bertambah menyusul jurusan-jurusan yang lain yang bekerjasama dengan industri, seperti Daihatsu, Honda dan lain sebagainya,” ungkap Hamzah.

Sementara itu, untuk RPL sendiri SMK Syafi’i berkolaborasi dengan Arkademy, yaitu bergerak menyalurkan tenaga kerja yang ahli dibidang programmer. Misalnya ke bukalapak, gooogle atau yang lain sebagainya.

“Nanti pihak industri akan memberikan kurikulum yang akan kami jadikan acuan untuk pembelajaran, dan nanti mereka akan pantau dan semua program yang dibikin oleh siswa akan dikirim ke Arkademy,” terang Hamzah.

Dari situ kemudian bisa dilihat, siapa saja anak yang mempunyai kemampuan lebih dalam membuat program yang sesuai dengan standar industri. Dan nanti siswa yang mempunyai potensi akan disalurkan ke industri sesuai bakatnya. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh siswa jurusan RPL ini diharapkan bisa menyalurkan, mendidik tenaga kerja dan wirausaha sesuai sebagaimana tujuan didirikannya SMK. (mal)