Dimulai, Vaksinasi PMK Utamakan Sapi Perah Sehat

by
VAKSIN PMK - Tim paramedik veteriner Dinperpa Kota Pekalongan mulai menyuntikkan vaksin PMK ke sejumlah sapi perah di Panjang Baru, Pekalongan Utara, Rabu (29/6/2022).

KOTA – Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) setempat mulai melakukan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tahap pertama pada hewan ternak, Rabu (29/6/2022).

Untuk tahap pertama ini, ada 100 dosis vaksin yang akan disuntikkan ke hewan ternak, diutamakan untuk sapi-sapi perah yang sehat dan tidak terpapar PMK.

Pencanangan vaksinasi PMK secara perdana ini dilakukan oleh Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid, bertempat di kandang sapi milik Kelompok Tani Ternak (KTT) sapi perah Putra Panjang Baru yang berada di Kampung Widoro RT 04 RW 07, Kelurahan Kandang Panjang, Kecamatan Pekalongan Utara. Pencanangan ditandai dengan pemberian kotak berisikan dosis vaksin PMK dan Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas vaksinator PMK.

Aaf, sapaan akrab Afzan, mengatakan bahwa menjelang Iduladha, masyarakat khawatir dengan adanya wabah PMK yang masih marak, tidak hanya terjadi di Kota Pekalongan saja, melainkan juga sejumlah daerah di Indonesia. Adanya vaksin PMK tersebut yang diberikan oleh Pemerintah Pusat ini merupakan komitmen dan wujud hadirnya pemerintah dalam membantu para peternak supaya hewan-hewan ternak mereka tidak terpapar PMK, dan wabah PMK bisa dikendalikan, sebab penularan PMK ini sangat cepat sekali antara ternak satu ke ternak lainnya.

“Alhamdulillah hari ini Kota Pekalongan sudah mulai menyuntikan vaksin PMK ke ternak-ternak terutama sapi perah yang secara perdana pencanangannya ini dimulai di KTT Putra Panjang Baru,” ucap Aaf.

Aaf menyebutkan, pada pemberian vaksin PMK tahap 1 ini, Kota Pekalongan mendapatkan alokasi 100 dosis vaksin. Pihaknya berharap, seluruh hewan ternak yang ada di Kota Pekalongan yang sehat bisa terakomodir vaksin PMK dan suspek PMK bisa semakin banyak yang sembuh.

“Adanya vaksin PMK ini paling tidak bisa menambah imunitas dan stamina hewan ternak supaya bisa lebih kuat,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinperpa Kota Pekalongan, Muadi menjelaskan bahwa sesuai arahan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, bahwa pemberian 100 dosis vaksin PMK Tahap pertama ini diutamakan untuk sapi-sapi perah yang sehat dan tidak terpapar PMK. Ini dimaksudkan agar tidak memengaruhi produksi susu sapi yang akan dikonsumsi oleh masyarakat. Pelaksanaan vaksinasi PMK ini dijadwalkan terlaksana mulai tanggal 29-30 Juni 2022.