Lewat Rumah Akselerasi Inovasi (Reaksi) XLFL Perkuat Visi dan Kontribusi Organisasi Mahasiswa dan Start-Up ke Masyarakat

by
Duta Besar LBBP Republik Indonesia untuk Republik Kazakhstan merangkap Republik Tajikistan, Dr. Mochammad Fadjroel Rachman (paling bawah) saat menjadi keynote speaker di acara penutupan program Rumah Akselerasi Inovasi (REAKSI) di Jakarta, Sabtu, (25/6). Hadir juga Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O. Baasir (kiri). Program REAKSI melatih kalangan anak muda aktif yang mengelola organisasi mahasiswa dan juga start-up (bisnis rintisan) guna memperkuat kontribusi mereka kepada masyarakat.

Materi program REAKSI diharapkan bisamenjawab isu-isu pengelolaan sumber daya manusia yang dialami oleh organisasi/startup, seperti kemampuan berinovasi dan tanggap dalam melihat peluang. XL Axiata juga akan mendanai proses implementasi ide yang berfokus pada proyek sosial demi memberikan dampak positif dan nyata bagi masyarakat dan lingkungan.

Jakarta, 28 Juni 2022.  XL Axiata Future Leaders, program Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah merampungkan program Rumah Akselerasi Inovasi (REAKSI). Melalui program ini, XLFL melatih kalangan anak muda aktif yang mengelola organisasi mahasiswa dan juga start-up (bisnis rintisan) guna memperkuat kontribusi mereka kepada masyarakat. Berlangsung selama tiga bulan sejak Maret 2022, REAKSI diikuti oleh total 110 perwakilan dari organisasi dan start-up.

Seperti saat peluncuran, Duta Besar LBBP Republik Indonesia untuk Republik Kazakhstan merangkap Republik TajikistanDr. Mochammad Fadjroel Rachman, kembali hadir sebagai keynote speaker di acara penutupan program di Jakarta, Sabtu, 25 Juni 2022. Selain itu, hadir juga Chief Corporate Affairs XL Axiata,  Marwan O. Baasir. 

Marwan mengatakan, “Rumah Akselerasi Inovasi mendukung pengembangan pengetahuan dan keterampilan melalui workshop interaktif dan tantangan berdasarkan kurikulum yang telah dibentuk berdasarkan riset pada kebutuhan pengembangan kelompok. Selama tiga bulan, antusiasme dan komitmen para REAKSI Awardees diuji melalui berbagai aspek dan kriteria. Tidak berhenti disana, XL Axiata juga mendanai proses implementasi ide yang berfokus pada proyek sosial demi memberikan dampak positif dan nyata bagi masyarakat dan lingkungan.”

Marwan melanjutkan, implementasi ide yang dimaksud dilakukan di beberapa aspek kehidupan masyarakat yaitu, aspek lingkungan terdapat gerakan menanam mangrove, aspek edukasi mulai dilakukan pembelajaran seperti ekonomi syariah, aspek sosial juga sudah bergerak dengan masuk ke pedalaman desa dan mengajar, dan tentu banyak lainnya. Menurutnya, apa yang ditunjukkan para peserta di pelatihan membuat XL Axiata yakin bahwa anak-anak muda Indonesia memiliki visi yang kuat untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat di mana pun mereka berada melalui karya dan berbagai jenis aktivitas produktif mereka. Hal tersebut sesuai dengan visi program REAKSI, yaitu berbagi, berkarya, dan berdampak #BersamaXLFL.

Hadir sebagai salah satu pelopor “Organization Development Program” di Indonesia, REAKSI didesain sebagai pelatihan bagi organisasi atau startup di Indonesia agar dapat meningkatkan kualitasnya sebagai wadah pembelajaran bagi anak muda Indonesia. Melalui proses seleksi yang ketat, 110 tim telah terpilih dari 248 pendaftar. Selanjutnya, pada akhir program REAKSI 2022, terpilih empat tim yang berhasil menunjukkan kegigihannya untuk berkembang dan membawakan inovasi terbaik. Terpilih Abroadening Indonesia di kategori organisasi dan Catika Group di kategori startup sebagai Best Overall Performance. Bersama mereka terpilih juga Collective Mind di kategori organisasi dan Puna Indonesia di kategori startup sebagai Best Idea Implementation. Para pemenang tersebut selanjutnya akan mendapatkan hadiah berupa sejumlah uang tunai untuk mengakselerasi pengembangan organisasi dan startup mereka.

Merujuk pada laporan Startup Ranking, Indonesia merupakan salah satu dari 10 negara dengan jumlah startup terbanyak di dunia. Tercatat 2.345 startup tersebar di dalam negeri hingga 11 April 2022. XLFL melihat, kuantitas dari pertumbuhan startup maupun organisasi akan terus bertambah di masa depan.

Materi belajar di pelatihan XLFL ini terdiri dari Business Acumen, Proposal Arrangement, Design Thinking, Digital Marketing, serta Pitching Presentation.  Para pengajar adalah para ahli di bidang yang berkaitan erat dengan materi pelatihan. Mereka antara lain merupakan praktisi serta sosiopreneur serta profesional di perusahaan nasional maupun multinasional.  

Materi-materi REAKSI tersebut diharapkan akan menjawab isu-isu pengelolaan sumber daya manusia yang dialami oleh organisasi/startup, seperti kemampuan berinovasi dan tanggap dalam melihat peluang. Ilmu yang didapatkan dari pelatihan yang diselenggarakan oleh XLFL tersebut bisa mereka manfaatkan dalam pengembangan organisasi dan bisnis, atau pun membangun strategi organisasi secara komprehensif.

Tentang XL Axiata

XL Axiata adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. XL Axiata fokus menyediakan layanan konvergensi guna memberikan kemudahan bagi aktifitas kehidupan masyarakat serta mendorong perkembangan ekonomi digital Indonesia. Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL Axiata saat ini menyediakan beragam layanan bagi pelanggan ritel dan korporat yang didukung jaringan luas dan berkualitas di seluruh Indonesia. Sejak 2015, XL Axiata telah mengimplementasikan jaringan 4G LTE berkualitas dengan skala nasional, kemudian dilanjutkan dengan pengembangan jaringan 5G di kuartal ketiga 2021. XL Axiata merupakan bagian dari Axiata Group bersama dengan Celcom (Malaysia), Dialog (Sri Lanka), Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), Ncell (Nepal), Boost, ADA, edotco, dan Link Net (Indonesia).