32 Desa Terima SK sebagai Desa Wisata

by
TERIMA SK - Asisten Administrasi Umum Sekda Batang, Sugeng Sudiharto saat menyerahkan SK Deswita kepada perwakilan dua desa Selasa (28/6/2022) di Aula Kantor Bupati Batang.

BATANG – Sebanyak 32 desa di Kabupaten Batang mendapatkan SK penetapan sebagai Desa Wisata, Selasa (28/6/2022), di Aula Kantor Bupati Batang. Adanya SK ini sebagai bentuk legalitas desa wisata, sehingga nantinya bisa mengembangkan potensi pariwisata dan ekraf.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Batang, Yarsono berharap, desa-desa wisata tersebut bisa mendongkrak kunjungan wisatawan.

“Ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan, ada wisata ada pengunjung. Ini harus bisa meningkat dari tahun ke tahun. Kami memperbaiki diri bersama dengan desa wisata. Kemudian komponen-komponen yang lain seperti pengelola wisata, Pokdarwis, dan komunitas. Ini perlu, Disparpora tidak bisa berdiri sendiri,” bebernya.

Beberapa desa yang ditetapkan pada hari itu adalah Bawang, Sangubanyu, Deles, Purbo, Kalipucang Wetan, dan Kalisalak. Sebanyak 32 desa itu berasal dari 13 kecamatan.

Sebelum ditetapkan menjadi desa wisata, 32 desa ini pun terlebih dahulu disurvei. Dengan adanya SK ini, nantinya desa-desa wisata ini bisa berpeluang mendapatkan bantuan anggaran pengembangan pariwisata dari Pemprov Jateng.