SMPN 14 Pekalongan Masuk Adiwiyata Nasional

by
SAPU BERSIH - Tim gabungan adiwiyata SMPN 14 Pekalongan melakukan sapu bersih di lingkungan sekolah.

KOTA – Setelah berhasil melaksanakan program-program sekolah Adiwiyata, SMPN 14 Pekalongan melenggang masuk pada jajaran seleksi sekolah Adiwiyata tingkat Nasional.

Menurut Ketua tim Adiwiyata Nasional SMPN 14 Pekalongan Ratmojo SPd, sebenarnya predikat sekolah Adiwiyata ini adalah bukan tujuan utama dalam pelaksanaan program-program sekolah Adiwiyata. Edukasi kepada siswa dalam mencintai dan melindungi lingkungan menjadi poin penting terlaksananya program tersebut.

SMPN 14 Pekalongan sendiri memiliki 100 siswa yang tergabung dalam satu tim dan dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu kelompok sapu bersih (kebersihan) kelompok hijau (penanaman, pembibitan dan penghijauan) dan kelompok recycle (pengelolaan sampah).

“Hari ini meskipun libur, kami melakukan kampanye kebersihan di sekitar masyarakat sekolah karena itu merupakan bagian dari tanggung jawab sekolah untuk mengedukasi peduli lingkungan. Tak lupa juga kita mempromosikan bank sampah yang dekat di lingkungan sekolah untuk dimanfaatkan oleh masyarakat,” ungkap Ratmojo.

Ia mengungkapkan, sejauh ini SMPN 14 Pekalongan cukup berhasil dalam melaksanakan program tiap kelompok, untuk kelompok penghijauan pencapaian yang diperoleh di angka lebih dari 80%. Mengingat penghijauan yang dilakukan dari tahun 2017 semakin tumbuh rimbun di tanah yang awalnya hanya tanah lapang sekolah.