Hari Ini, Vaksinasi PMK Mulai Dilaksanakan

by
PEMERIKSAAN - Tim kesehatan hewan Dinperpa Kota Pekalongan saat memeriksa kesehatan hewan ternak di Kota Pekalongan.

*Kota Pekalongan Terima 100 Dosis Vaksin PMK

KOTA – Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) setempat sejak 24 Juni lalu telah mendapatkan alokasi 100 dosis vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) untuk hewan ternak dari Pemerintah Pusat melalui Pemprov Jateng.

Kepala Dinperpa Kota Pekalongan, Muadi, mengatakan 100 dosis vaksin PMK tersebut merupakan pendistribusian tahap pertama, dan diperuntukkan bagi hewan ternak yang sehat, khususnya sapi perah.

“Sesuai arahan Pemerintahan Pusat dan Pemerintah Provinsi vaksin PMK tahap pertama ini diutamakan untuk sapi perah yang belum terinfeksi PMK, karena sapi perah ini dikonsumsi oleh masyarakat dengan pemanfaatan berupa susu sapi untuk kesehatan masyarakat,” tutur Muadi saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (28/6/2022).

Muadi menyebutkan, dari alokasi vaksin yang diterima di tahap pertama ini memang belum mencukupi dan baru 50 persen dari target sasaran. Idealnya, untuk tahap pertama ini Kota Pekalongan menerima sebanyak 200 dosis vaksin.

Kendati demikian, Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menjamin akan mendistribusikan kembali vaksin PMK pada tahap selanjutnya. Adapun untuk penyuntikan vaksin PMK ini takarannya 2 cc per ekor sekali suntik.