Pemuda Muhammadiyah Tangkal Radikalisme

oleh -
KENANG-KENANGAN - Penyerahan kenang-kenangan dari PDPM Kabupaten Pekalongan kepada Kepala Badan Kesatuan bangsa dan Politik Jawa Tengah.

KAJEN – Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Pekalongan menyelenggarakan Seminar Kebangsaan di Hotel Dafam Pekalongan, Sabtu (25/6/2022) hingga Minggu (26/6/2022). Kegiatan itu bertujuan untuk memantapkan peran kebangsaan kader Pemuda Muhammadiyah dalam keikutsertaannya membangun bangsa.

“Seminar kebangsaan ini merupakan salah satu upaya Pemuda Muhammadiyah memantabkan perannya dalam keikutsertaannya membangun bangsa,” ungkap Gigih Setiyanto, Ketua PDPM Kabupaten Pekalongan.

“Kami sampaikan terima kasih kepada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jawa Tengah, yang telah mendukung penuh kegiatan seminar ini,” lanjut Gigih.

Kegiatan ini terselenggara dengan dana hibah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Bakesbangpol Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah menguatkan ideologi Pancasila, sekaligus membentengi generasi bangsa dari pengaruh radikalisme.

“Pemuda harus berani, harus kritis, dan harus menjadi yang terdepan dalam mengamalkan Pancasila dengan baik,” ungkap Kepala Bakesbangpol Provinsi Jateng, Haerudin, usai menjadi pemateri seminar tersebut.

Contohnya, kata dia, dalam menjalankan sila 1, yakni harus beragama. Ia meyakini para pemuda yang mengamalkan Pancasila maka akan menjalankan agama dengan baik. Dan dengan mengamalkan agama dengan baik, akan mampu menjaga dari pengaruh radikal kiri atau radikal kanan.