Baru 31 Satuan Pendidikan yang Lolos Sekolah Penggerak

by -
Lani Dwi Rejeki, Pj Bupati Batang

*Kurikulum Merdeka Siap Diterapkan

BATANG – Ratusan SD dan SMP di Kabupaten Batang pada tahun ajaran baru sekolah 2022/2023 siap mengimplementasikan kurikulum merdeka yang merupakan program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Hal itu diungkapkan Penjabat (Pj) Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki. Ia mengatakan, bahwa pihaknya siap melaksanakan kebijakan pemerintah untuk menerapkan Kurikulum Merdeka pada Tahun Pelajaran 2022/2023.

“Kurikulum Merdeka akan diterapkan bagi siswa yang berada di tingkat sekolah dasar kelas I dan IV dan siswa SMP kelas VII. Sedangkan siswa yang belum menerapkan Kurikulum Merdeka itu, nantinya masih tetap menerapkan kurikulum tahun 2013,” ujar Lani, kemarin.

Terpisah, Sekretaris Disdikbud Batang, Budiono, pun membenarkan hal itu. Ia mengatakan, di Batang terdapat 454 SD dan 71 SMP yang siap menerapkan Kurikulum Merdeka pada Tahun Pelajaran 2022/2023.

“Untuk kesiapannya, saat ini masih dalam tahap sosialisasi dan bimbingan teknik implementasi Kurikulum Merdeka dengan platform merdeka mengajar,” katanya saat dihubungi Senin (27/6/2022).

Ia mencatat, dari ratusan sekolah tersebut, baru terdapat 14 SD dan 5 SMP yang berstatus sekolah penggerak. Di mana sekolah penggerak ini nantinya diwajibkan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sesuai dengan pedoman dari Kemendikbudristek.