Pemkab Peroleh 3 Ribu Vaksin PMK

by
VAKSINASI - Petugas Dislutkanak Batang saat memberikan suntikan vaksinasi PMK untuk ternak sapi di wilayahnya.

BATANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang menerima bantuan 3 ribu dosis vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dari Kementerian Pertanian RI. Jumlah ini sangat minim dari usulan yang diajukan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislutkanak) Kabupaten Batang sebanyak 23 ribu dosis.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dislutkannak Batang, Syam Manohara mengatakan, dengan jumlah dosis yang didapat itu pihaknya akan menyasar ternak sapi yang belum terpapar virus PMK dan berada di zona hijau, seperti di antaranya Desa Kalipancur Kecamatan Blado, Desa Kalisari dan Pacet Kecamatan Reban.

“Target awal yang menjadi sasaran vaksinasi adalah ternak khusus sapi perah, dan pembibitan yang ada di peternakan rakyat. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah ternak yang kondisi tubuhnya sehat dan berada di desa dengan zona hijau. Artinya dalam desa tersebut tidak ada satu pun ternak yang terpapar PMK,” katanya, Sabtu (25/6/2022).

Syam menerangkan, proses pemberian vaksinasi PMK pada ternak sapi akan dilaksanakan 6 hari dalam waktu sepekan. Ia menargetkan tiap harinya ada 300 – 500 ekor sapi yang divaksinasi.

Adapun, kata dia, untuk takaran dosis yang diberikan sebanyak 2 mililiter tiap ekornya. Secara keseluruhan ada 200 mililiter untuk 100 ekor sapi. “Targetnya 3 ribu dosis vaksin di tahap pertama akan selesai sebelum Idul Adha. Nantinya vaksin yang diberikan berupa dosis pertama, kedua dan Booster,” tegasnya.