Pegunungan Dihantui Longsor

by -
BERSIHKAN LONGSORAN - Warga bersama TNI dan Polri bersihkan material longsor yang tutupi akses jalan di wilayah pegunungan.

Namun karena situasi saat itu sudah gelap, kerja bakti dihentikan. Dilanjutkan keesokan harinya, Sabtu (25/6/2022). Kerja bakti juga dilakukan untuk membersihan material longsor yang menimpa rumah Karjo (40), warga Dukuh Petungkon.

Longsor juga terjadi di Desa Kaliombo, Kecamatan Paninggaran. Talud pengaman pemukiman warga longsor. “Tidak ada korban jiwa. Kondisi sudah teratasi secara gotong-royong,” terang Kades Kaliombo, Slamet, kemarin petang.

Sementara itu, akibat hujan deras dan tanah labil mengakibatkan tanah longsor menutupi jalan provinsi yang menghubungkan antara Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Banjarnegara, Kamis (23/6/2022), pukul 16.00 WIB. Lokasi longsor di Blok Sicepuk Dukuh Kaligenteng RT 03/03 Desa Kaliboja, Kecamatan Paninggaran.

Sekitar pukul 13.50 WIB, hujan deras mengguyur Kecamatan Paninggaran. Pada pukul 16.00 WIB, tebing dengan ketinggian 10 meter longsor menutup seluruh badan jalan.

Sekitar pukul 16.30 WIB, hujan mulai reda dan dilakukan proses pembersihan material longsor.
Pukul 17.45 WIB, separoh badan jalan sudah bisa dilewati kendaraan, baik roda empat maupun roda dua dengan sistem buka tutup. Kondisi saat ini jalan sudah kembali normal. (had)