Tanggul Meduri Bocor, Rob Genangi Pasirsari

by
EVAKUASI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan mengevakuasi sejumlah warga Pasirsari, Kelurahan Pasirkratonkramat, Kecamatan Pekalongan Barat ke lokasi pengungsian eks Kelurahan Kraton Kidul, Jumat (24/6/3022).

KOTA – Bocornya tanggul Sungai Meduri di wilayah Tegaldowo, Kabupaten Pekalongan, berdampak pada banjir rob yang melimpas ke wilayah Pasirkraton Kramat, Jumat (24/6/2022). Ketinggian banjir rob di mencapai 40 sentimeter di sejumlah titik sampai ke pemukiman. Kondisi ini membuat warga harus dievakuasi ke lokasi pengungsian yang ada di eks kantor Kelurahan Kraton Kidul.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kota Pekalongan, Dimas Arga Yudha mengungkapkan, sepanjang 30 meter tanggul di Tegaldowo mengalami kerusakan atau kebocoran sehingga airnya limpas menggenangi pemukiman warga di RW 3, 4, 5, dan 6 Pasirsari dengan ketinggian air rata-rata 40 sentimeter.

“Jadi sejak tadi malam BPBD bersama dengan PMI dan relawan lainnya serta stakeholder setempat melakukan upaya kesiapsiagaan, monitoring, serta patroli di wilayah rawan,” terang Dimas.

Dimas menyampaikan, pagi tadi ada permintaan evakuasi dari warga RW 6 Pasirsari. Ada 24 jiwa atau 9 KK yang BPBD evakuasi. “Untuk kebutuhan pengungsi, selain sudah disiapkan matras untuk tidur, BPBD juga sudah berkoordinasi dengan Dinsos P2KB untuk pemberian logistik makanan,” jelas Dimas.

Dimas mengungkapkan, kalau berdasarkan perkiraan BMKG sebenarnya per hari ini sudah ketinggian gelombang mulai turun, gelombang tak mencapai 1 meter di jadwal pasang nanti pukul 14.00 hingga 17.00 wib. “Ketinggian gelombang kurang lebih 0,9 meter sehingga gelombang pasang ada kecenderungan turun,” beber Dimas.

Dikatakan Dimas, meskipun kebocoran terjadi di wilayah kabupaten tetapi Pemkot Pekalongan telah berkoordinasi dengan Pemkab Pekalongan dan Pusdataru Provinsi Jawa Tengah agar segera melakukan penanganan kedaruratan.(nul)