Mulai Bulan Depan Beli Solar Subsidi “Wajib” Miliki HP Android

by -
Ilustrasi petugas SPBU Pertamina melayani pembelian BBM jenis bio solar. (Dok.JawaPos.com)

Masyarakat yang ingin membeli bahan bakar minyak (BBM) jenis bio solar atau solar subsidi wajib memiliki HP android. Pasalnya mulai 1 Juli 2022, Pertamina mulai menerapkan aplikasi My Pertamina untuk pembelian solar subsidi. Pembeli yang datang ke SPBU untuk membeli bio solar diwajibkan melakukan scan di tempat yang sudah disediakan.

“Pembeli bio solar atau solar subsidi wajib membawa HP android, soalnya harus melakukan scan melalui aplikasi My Pertamina. Jika tidak melakukan scan melalui aplikasi My Pertamina, tidak akan dilayani pengisian bio solar,” kata Manager SPBU Kota Medan, Sadikin, seperti dilansir raselnews.com.

Sesuai pemberitahuan dari Pertamina, lanjut Sadikin, aturan pembelian bio solar wajib melalui aplikasi My Pertamina mulai diterapkan tanggal 1 Juli. Masyarakat yang ingin membeli bio solar bisa melakukan registrasi melalui situs https://registrasisolarjbt.pertamina.com/.

“Saya belum bisa pastikan apakah tanggal 1 Juli itu belum berlaku efektif atau baru mulai registrasi saja. Kami masih menunggu informasi lebih lanjut dari Pertamina. Tapi kalau saya lihat disitus registrasi itu, mungkin tanggal 1 Juli mulai proses registrasi atau pendaftaran untuk aplikasi My Pertamina khusus pembelian bio solar,” terang Sadikin.

Saat melakukan registrasi melalui situs https://registrasisolarjbt.pertamina.com/ ada beberapa data yang wajib diisi. Diantaranya data kendaraan sesuai STNK, foto kendaraan dan juga data diri yang bersangkutan.

“Melalui registrasi itu nanti bisa dibaca oleh sistem apakah kendaraan yang diregistarsi layak memakai bio solar atau tidak, nanti sistem yang akan menentukan. Kalau tidak lolos registrasi, maka tidak bisa mengisi bio solar,” tegas Sadikin.

Mengenai persiapan pelayanan di SPBU menjelang diterapkannya aturan pembelian bio solar wajib memakai aplikasi My Pertamina, Sadikin mengaku pihaknya masih melakukan persiapan. Hari Selasa besok (28/6) petugas SPBU Kota Medan akan mengikuti pelatihan khusus diterapkannya aplikasi My Pertamina.

“Kami di SPBU juga masih melakukan persiapan. Rencananya Selasa besok (28/6) akan melaksanakan pelatihan khusus penerapan aplikasi My Pertamina,” tutup Sadikin. (yoh)