UMKM Olahan Ikan di Kota Pekalongan Terima Pelatihan Adopsi Teknologi Digital

by

PEKALONGAN – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah UMKM) yang bergerak di bidang pengolahan ikan di Kota Pekalongan yang tergabung dalam “Polasarbina Mina Mandiri”, baru-baru ini menerima pelatihan program adopsi teknologi digital.

Pelatihan berlangsung sejak 6 Juni hingga 21 Juni 2022, bertempat di Gedung Technopark Perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pekalongan.

Pelatihan tersebut merupakan kerjasama antara Dinas Komunikasi dan Informatika dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pekalongan.

Eva Agustina, fasilitator digital dalam pelatihan tersebut, mengatakan, materi-materi yang diberikan kepada para pelaku UMKM olahan ikan meliputi pengetahuan mengenai platform SIRCO, Sooltan Pay, Sooltan Kasir, Shopee, serta Selly dan Moka.

SIRCO atau SIRCO store adalah sebuah Software as a Service (SaaS) yang menyediakan jasa pembuatan website toko online berbasis template siap pakai.

“Mereka belajar mulai dari tata cara pendaftaran, upload atau pengunggahan produk, hingga cara penggunaan platform tersebut”, terang Eva Agustina.

Kepada para peserta pelatihan, Eva juga menyampaikan materi terkait QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard.

QRIS merupakan kode QR Nasional untuk memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia, yang diluncurkan oleh Bank Indonesia bersama ASPI (Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia) pada pada 17 Agustus 2019 lalu.

UMKM pengolahan ikan binaan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pekalongan merupakan UMKM “naik kelas”.

Melalui pelatihan atau pembinaan program adopsi teknologi digital 4.0 diharapkan, akan terjadi peningkatan level (scaling-up), mulai dari level beginner, observer, adopter dan leader. (jun)