UMKM Diminta Tak Takut Ekspor

by
SOSIALISASI - Sosialisasi UMKM Week 2022, di Batang Teras Pandawa, Kabupaten Batang, Rabu (22/6/2022).

*Bea Cukai Tegal Siap Layani 24 Jam

BATANG – UMKM Batang dinilai memiliki peluang untuk maju ke pasar ekspor. Meski begitu, hal ini tentunya perlu dukungan berbagai lintas sektor.

Hal ini seperti disampaikan Kepala Kantor Bea Cukai Tegal, Yudi Hendrawan, saat mengikuti Sosialisasi UMKM Week 2022, di Batang Teras Pandawa, Kabupaten Batang, Rabu (22/6/2022).

“Alhamdulillah, kami bisa bersinergi dengan Pemkab Batang dari sisi pembinaan produk dan UMKM, untuk terus memotivasi supaya bisa meningkatkan kualitas, sehingga bisa mengekspor ke berbagai negara,” ujarnya.

Menurutnya, pendampingan dari Kamar Dagang dan Indonesia (KADIN), Disperindagkop dan UKM, juga sangat dibutuhkan untuk menunjang peningkatan kualitas UMKM, sehingga produk mereka bisa diterima oleh pasar internasional.

Ia menekankan agar pelaku UMKM teredukasi bahwa mengekspor produk tidak sesulit yang dibayangkan. Hanya saja memang selama ini UMKM memanfaatkan pihak ketiga untuk melakukan ekspor.

“Kalau mau ekspor, tidak perlu takut. Ada kami dengan Klinik Ekspor yang siap melayani selama 24 jam. Kami juga ada program Visit to Customer, agar secara detail mengetahui UMKM yang berpotensi untuk mengekspor produknya, contohnya di Brebes,” ungkapnya.