Daya Tampung SMP 14.048 Siswa Dinilai Mencukupi

by
Wahyu Yusuf Akhmadi, Kepala Disdikbud Kendal

*Total Lulusan SD Ada 13.884 Siswa

KENDAL – Pada tahun ajaran 2022/2023 daya tampung peserta didik SMP sederajat mencapai 14.048 siswa. Jumlah tersebut masih mencukupi dari jumlah potensi pendaftar jika dilihat dari lulusan SD sederajat sebanyak 13.884 siswa.

“Dari jumlah 108 SMP negeri dan swasta di Kendal, 87 sekolah di antaranya lakukan PPDB online. Terdiri dari 50 SMP negeri dan 37 SMP swasta. Sisanya lakukan penerimaan peserta didik baru secara mandiri,” kata Kepala Disdikbud Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi, kemarin.

Wahyu mengungkapkan, bahwa pada tahun ajaran baru lalu hanya SMP negeri yang melaksanakan PPDB online, namun tahun ini ada sebanyak 37 SMP swasta yang bergabung. Sehingga tinggal beberapa sekolah yang masih menggelar PPDB mandiri.

Adapun bagi siswa atau orang tua siswa yang kesulitan mengakses pendaftaran secara online, misalnya terkendala sarana dan prasarana, diperkenankan untuk datang langsung ke sekolah. Pihak sekolah akan memfasilitasi pendaftaran secara online melalui bimbingan dari tenaga kependidikan.

“Untuk sekolah swasta diperkenankan memilih apakah bergabung pada PPDB online atau mandiri. Tahun ini sudah banyak yang bergabung dengan PPDB online terpusat,” ungkapnya.

Wahyu menyatakan, sejauh ini proses PPDB online di Kabupaten Kendal berjalan lancar. Tahapan demi tahapan yang harus diakses pendaftar terpantau aman, mulai dari pendaftaran data diri, proses verifikasi, hingga tahapan validasi dari sekolah dengan menyesuaikan daya tampung tiap-tiap jalur.