Lagi, Guru-Ortu Suarakan PTM 100%

oleh -
PPDB - Sejumlah lulusan SMP saat mengikuti PPDB di SMKN 1 Batang, kemarin.

*Pembelajaran Daring Dinilai Kurang Efektif

BATANG – Saat ini proses Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru 2022/2023 sedang berlangsung. Sekolah berharap agar di tahun ini bisa melangsungkan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka 100 persen.

Hal ini seperti disampaikan Kepala SMKN 1 Batang, Catur Puji R saat diwawancarai Radar Pekalongan, Kamis (23/2/2022). Menurutnya, seluruh warga sekolah menantikan diizinkannya PTM 100 persen, meskipun sedikit diliputi kecemasan, dengan munculnya varian baru Covid-19, BA.4 dan BA.5.

“Mudah-mudahan virusnya tidak sampai sini dan PTM bisa 100 persen. Karena semua warga sekolah, mulai guru, civitas sekolah, peserta didik hingga orang tua juga menyampaikan harapan yang sama, yakni belajar normal seperti dulu. Ya tentu ditambah dengan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Catur pun menyampaikan kekhawatirannya, bahwa jika pembelajaran daring kembali diterapkan justru akan kurang efektif. Sebab pembelajaran virtual tersebut memerlukan daya dukung tenaga, ruang dan waktu yang ekstra besar dibandingkan PTM 100 persen. “Kita tahu kalau anak itu butuh berinteraksi dengan guru dan kawan sebayanya,” tegasnya.

Salah satu orang tua murid, Sujono mengatakan, PTM 100 persen sekarang ini masih menjadi harapan bagi semua orang tua. Sebab bukan hanya orang tua, anak-anak sekolah juga mengalami kejenuhan karena telah dua tahun belajar jarak jauh secara daring.

“Saya tetap melihat situasi dan kondisi perkembangan Covid-19 di Batang. Pinginnya sih tatap muka, tapi situasi masih pandemi, kami juga menjaga protokol kesehatan. Yang penting komitmen ini dijaga, harapannya PTM bisa berlaku 100 persen lagi,” ujar dia. (nov)