PPDB SMA/SMK, Pemohon Suket DTKS Meningkat

by
ANTRE - Pemohon surat keterangan DTKS mengalami lonjakan selama PPDB daring jenjang SMA/SMK.

SLAWI – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jawa Tengah untuk jenjang SMA dan SMK tahun 2022, berdampak pada melonjaknya pemohon surat keterangan (suket) Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Mengingat, untuk jalur afirmasi mengharuskan surat keterangan terdaftar dalam DTKS yang hanya bisa dikeluarkan oleh Dinas Sosial.

Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tegal Nurhayati melalui Sekretaris Dinas Abdul Basit menyatakan, terkait persyarakatan tersebut, dalam kuruan waktu sepekan terakhir banyak pemohon yang membanjiri kantornya untuk mendapatkan surat keterangan DTKS. PPDB jenjang SMA/SMK yang digelar secara daring terbagi dalam beberapa jalur, seperti afirmasi, zonasi, prestasi, dan perpindahan orang tua.

“Di jalur afirmasi mengharuskan mencantumkan surat keterangan terfdaftar dalam DTKS yang hanya bisa dikeluarkan Dinas Sosial. Jalur ini sebagai salah satu langkah agar bisa masuk ke sekolah yang diinginkan,” ujarnya, Kamis (23/6).

Dia tak menampik bahwa pemohon surat keterangan terdaftar dalam DTKS melambung tinggi di tengah ramainya proses pendaftaran PPDB daring Jawa Tengah. Surat ini sebagai salah satu persyaratan pendaftaran pada jalur afirmasi. Lonjakan terjadi mulai tanggal 13 Juni sampai hari ini. Setiap hari permohonan surat keterangan terdaftar DTKS mencapai 75 pemohon.
“Untuk kondisi normal, hanya ada 5-10 pemohon,” cetusnya.