Pendekatan Keluarga Penting untuk Tekan AKI-AKB

by
PENGUATAN KADER - Dinkes menggandeng TP PKK menyelenggarakan penguatan kader Nginceng Wong Meteng untuk menekan dan menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

*Kasus AKI Naik, AKB Turun

KOTA – Dinas Kesehatan Kota Pekalongan dengan menggandeng TP PKK menyelenggarakan penguatan kader Nginceng Wong Meteng untuk menekan dan menurunkan angka kematian ibu dan bayi, di aula Kantor PKK Kota Pekalongan, Kamis (23/6/2022). Kegiatan tersebut sekaligus untuk mendukung program Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yakni gerakan Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes, Indah Kurniawati menerangkan, pihaknya melakukan penguatan kembali untuk para kader guna mengupdate pengetahuan baru terkait bagaimana memantau ibu hamil dan pendekatan keluarga yang memiliki ibu hamil di rumahnya.

Dijelaskan Indah, banyak kasus kematian pada ibu hamil terjadi akibat keterlambatan merujuk dan penanganan kasus ibu hamil, karena si ibu menunggu keputusan dari keluarga. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pendekatan lebih kepada keluarga ibu hamil dan tentunya ketrampilan kader sudah seharusnya ditingkatkan agar pemantauan ibu hamil dapat dilakukan secara lengkap dan urut.

“Jadi kita berupaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader dalam upaya memantau ibu hamil hingga bersalin, nifas dan pengawasan bayi baru lahir berimbas positif untuk menekan angka kematian ibu dan bayi,” terangnya.