Pemkab Batang Komitmen Sajikan Data Berkualitas

by
Kepala Diskominfo Batang saat memberi sambutan pada pembukaan acara Sosialisasi Program Satu Data Indonesia. Novia Rachmawati

BATANG – Data menjadi hal penting untuk mendukung tata kelola pemerintah. Oleh karenanya Pemkab Batang turut mendukung keterbukaan informasi data. Tak hanya memperhatikan segi kuantitas, tetapi juga data yang berkualitas.

Komitmen ini pun diwujudkan dengan adanya Perbup No 13 Tahun 2022 tentang Satu Data Indonesia tingkat Kabupaten Batang yang dikomandoi Diskominfo Batang. Diskominfo sendiri sudah mulai menerapkan program SDI ini sejak tahun 2018.

“Sudah ada sekitar 7.000 data sheet yang berhasil dihimpun. Dengan adanya perbup yang terkait SDI ini, nantinya data mungkin akan berkurang, karena nantinya data yang masuk adalah data yang berkualitas yang memenuhi syarat, bukan asal banyak data kemudian dimasukkan,“ jelas Kepala Diskominfo Batang, Triyossi Juniarto didamping Kabid Statistika Diskominfo Batang Rudy Prihantoro usai sosialisasi Progtam Satu Data Indoneisa Kabupaten Batang, Kamis (23/6/2022).

Lebih lanjut, Kepala BPS Batang, Eddy Prawoto menyebut data berkualitas ini diperlukan untuk mendukung tata kelola daerah. Setelah sosialisasi program, nantinya akan dibuat Forum data untuk mengidentifikasi data-data penting apa saja yang akan diperlukan.

Nantinya OPD akan berperan untuk memproduksi data sesuai dengan data prioritas yang sudah ditentukan. Kemudian data tersebut akan diproses lagi melalui wali data atau Diskominfo Batang. Setelah itu nantinya akan dilanjutkan ke BPS dan juga BRIN.

Data ini nantinya juga bisa diakses secara langsung baik dari pemerintah ataupun masyakarakat luas.

“Nanti akan ditentukan data-data mana yang jadi prioritas. Sehingga nantinya data ini bisa digunakan untuk menentukan kebijakan pemerintah. Selain itu dengan data ini, masyarakat juga bisa secara langsung mengevaluasi apakah program dari pemerintah berhasil atau tidak karena masyakat sudah bisa melek data,” pungkasnya.

Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Batang, Sugeng Sudiharto yang membacakan sambutan tertulis Penjabat Bupati saat membuka acara sosialisasi menjelaskan, dalam rangka mewujudkan Satu Data Indonesia butuh perencanaan yang berkualitas, membutuhkan data informasi selalu terbaru. Namun harus akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.

“Untuk mengimplementasikan Satu Data Indonesia di Kabupaten Batang, maka Pemkab melalui Diskominfo melaksanakan sosialisasi Satu Data Indonesia dengan menerbitkan Perbup Nomor 13 tahun 2022 yang mendukung program pemerintah dalam mengatur strategi tata kelola data untuk menghasilkan data yang akurat, muktahir, terpadu, dan dapat dipertanggung jawabkan,” beber Sugeng.

Kebijakan terkait Satu Data Indonesia menuntut dibentuknya Forum Satu Data Indonesia tingkat Kabupaten Batang.
“Kedepannya akan membentuk Forum Satu Data ini yang akan menjadi wadah komunikasi dan koordinasi daerah untuk penyelenggaraan Satu Data Indonesia,” pungkas Sugeng. (nov/don)